Palas - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 tahun 2018 di Kabupaten Padang Lawas (Palas) diwarnai keragaman pakai adat seluruh etis dan suku budaya di Indonesia mulai sabang sampai Marauke, sehingga mengundang perhatian masyarakat dan peserta upacara. Kegiatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ( HSP) dipusatkan dilapangan komplek perkatoran SKPD Terpadu, Senin (29/10/2018) dengan melibatkan peserta upacara dari unsur OKP, Ormas, Pemuda, Aparatur Sipil Negara (ASN) sejejaran pemerintahan Pemkab Palas, Pelajar tingkat SLTA serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) dan Syarif Nasution dari Organisasi IPK bertindak sebagai Komandan Upacara.

"Sesuai Tema Bangun Pemuda, Satukan Indonesia, memiliki makna penting pembangunan kepemudaan untuk melahirkan gerenasi muda yang beriman,bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, Inovatif, mandiri serta demokratis," kata Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap(TSO) membaca amanat sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Dikatakan, pemuda harus mampu berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan,kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, pesan TSO mengutip sambutan Menteri Pemuda dan olahraga.

Selain itu, kata Bupati, pesat perkemabangan teknologi informasi saat ini, ibarat dua mata pisau maksudnya, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Namun pada sisi lain, imbuh TSO menyampaikan amanat Menpora, perkembangan ini mempunyai dampak negatif informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme.

"Apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara," kata TSO.

Menpora mengajak, pemuda untuk melakukan revolusi mental yang dicanangkan Presiden RI Ir.Joko Widodo, amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju dengan ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

Oleh karena itu, lanjut TSO, revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat.

Sebelum mengakhiri sambutan Menpora, Bupati mengucapkan terima kasih kepada para pemuda yang ikut berperan dalam mengisi pembangunan kemajuan kabupaten Palas dalam berbagai bidang disemua lini sektor yang ada.