PALAS-Bawaslu Kabupaten Padang Lawas (Palas) gelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengelolaan Keuangan dan aplikasi SAS modul Silabi anggaran pendapatan belanja negara(APBN) tahun 2018 bagi Panwaslu Kecamatan,Sabtu (20/10/2018) diaula Hotel Al Marwah Sibuhuan.

Peserta kegiatan terdiri dari Kepala, Sekretariat ,bendahara ,Operator serta Kordinator Panwaslu Kecamatan Divisi SDM dan Organisasi dari 12 kecamatan berjumlah 48 orang .Kegiatan berlangsung selama 3 hari dimulai Sabtu sampai Minggu (21/10/1018)

Kegiatan Rakernas dibuka Ketua Bawaslu Palas Rahmat Efendi Siregar mengatakan, tentang pelaporan Panwascam harus baik dan tepat waktu karena saat ini menjadi objek studi Bawaslu Provinsi Sumut terkait masalah pelaporan.

"Panwascam harus konsekuensi dalam pelaporan keuangan yang baik dan tertib dalam penyetoran laporannya ,"katanya Rahmat juga menekankan, panwascam dalam menyusun laporan harus patuh dan mempedomani regulasi yang berlaku. Selain itu, Panwascam tertib administrasi dalam pengelolaan keuangan.

Untuk mempermudah penyusunan pelaporan, kata dia, peserta dibekali teknis cara pengisian aplikasi SAS (Sistem Aplikasi Silabi Perbendaharaan). Aplikasi ini cukup mudah dan sangat membantu dalam penyusunan laporan.

Dengan demikian, harap Rahmat , tujuan laporan keuangan ini untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pengisian aplikasi SAS.Diharapkan, staf kesekretariatan Panwascam bisa menguasai IT dengan baik sehingga mempermudah semua laporan.

Sebelumnya Ketua Panitia Jubri Situmpol mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendorong pengetahuan panwascam agar mengerti dan paham tentang manajemen organisasi harus dilakukan secara baik.

Dia menambahkan, pola acuan dasar organisasi yang dapat digunakan adalah POAC yaitu planing, organization, actuating controling,sehingga pengelolaan keuangan berjalan dengan baik sesuai ketentuan,kata Situmpol.

Sekretaris Bawaslu Palas ini juga menekankan, kepada peserta agar serius mengikuti Rakernis ini ,supaya pengelola dan pengawasan keuangan serta laporan pertanggungjawaban dapat diselesaikan tepat waktu sesuai yang diharapkan.*