JAKARTA - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf menyampaikan, Austria mengharapkan Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN bisa menjadi role model demokrasi di ASEAN, dan Indonesia tumbuh sebagai negara yang maju.

Hal tersebut disampaikannya usai Bilateral Meeting dengan Anggota Parlemen Uni Eropa dari Austria, Barbara Hsppel di Brussels, Belgia, Selasa (25/09).

"Austria mengharapkan Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN bisa menjadi Role Model demokrasi di ASEAN, dan Indonesia tumbuh sebagai negara yang maju," ungkap anggota DPR dari F-PD tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Nurhayati, dibicarakan peran Parlemen Indonrsia di dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

"Barbara mengungkapkan kekagumannya terhadap Indonesia. Dia juga mengucapkan selamat atas suksesnya penyelenggaraan Pertemuan World Parliament of Sustainable for Development di Bali beberapa hari lalu. Dia bangga karena Indonesia sudah menjadi champion di dalam pencapaian Agenda 2030 ini," katanya.

Lebih lanjut Nurhayati menginformasikan, Anggota Parlemen Uni Eropa itu juga mengungkapkan keberhasilan Indonesia sebelumnya yang telah menyelenggarakan Indonesia Summit for Climate Change yang menghasilkan Bali Roadmap pada 2007 lalu dan keberhasilan Indonesia yang telah meratifikasi Paris Agreement.

Di akhir pertemuan, Ketua BKSAP DPR diundang untuk datang ke Austria. "Dia ingin menunjukkan apa yang juga sudah dilakukan Austria dalam rangka global komitmen ini (Agenda 2030)," imbuh Nurhayati.

Selain itu dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai pentingnya meningkatkan peran perempuan khususnya di politik dan kemajuan-kemajuan Indonesia, demokrasi di Indonesia, perkembangan dan pertumbuhan ekonomi, dan sebagainya.***