PALAS- Kepala Biro Perencanaan dan anggaran (Karorena) Polda Sumut Kombes Pol. Mangatas Tambunan mengatakan persiapan Polres Padang Lawas (Palas) sudah layak untuk direalisasikan dan beroperasi. Hal ini ditandai dengan pengisian personel karena sarana dan prasarana gedung dan fasilitas pendukung lainnya  sudah memadai. Hal itu disampaikannya, Selasa (25/9/2018) sore, usai melakukan peninjauan  lokasi Polres Palas di Jalinsum Sibuhuan Batas Riau, Desa Buku Sonik,  Kec Barumun yang dirangkai dengan acara deklarasi damai pileg dan pilpres 2019.

Pantauan di lokasi, peninjaun  tersebut meliputi gedung  bangunan polres dan bangunan tempat tinggal perwira yakni 5 kopel terdiri dari 10 pintu,ditambah 2 unit  rumah  Kapolres dan Wakapolres, bangunan lainnya berupa   Barak Dalmas 2 unit. Untuk tahap selanjutnya dipersiapkan lahan 10 hektar untuk pembangunan perumahan personil dan lapangan tembak yang berada dibelakang Polres Palas. 

“Karena persiapan sudah memadai, dalam waktu dekat ini kantor Polres Palas sudah layak  segera berdiri,” ujar Kombes Pol Mangatas.

Senada dengan Karorena, Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) mengatakan, hingga kini seluruh persiapan dan bangunan Polres Palas belum menyentuh APBD maupun APBN. Dananya masih  bersumber dari pihak ke-3 ataupun dari dana CSR perusahaan.

Kata TSO, pembangunan lanjutannya atau tahap kedua akan disiapkan lahan 10 hektar untuk pembangunan perumahan untuk personil dan lapangan latihan tembak yang terletak tidak jauh dari lokasi Polres. Sedangkan Kapolres Tapsel  AKBP Mohammad Iqbal SIK,MSI usai melaksanakan acara deklarasi damai, mengatakan, dalam waktu yang tidak lama lagi personil Polres Tapsel akan mengisi Pelayanan Polres Palas.

Kapolres Tapsel  menitipkan kepada masyarakat dan pemerintah setempat agar membantu  anggotanya yang akan bertugas di Polres baru  dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk pelayanan.