PALAS- Kesebelasan PS Palas U 17 yang dipersiapkan untuk mengikuti Turnamen Piala Soeratin 17 yang rencananya akan digulirkan 29 September 2018 di Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Uji coba PS Palas -Ponpes Al Mukhlisin Palas yang juga juara 1 Liga Santri  Nusantara Tingkat Sumut dilakukan dengan tujuan menguji  para pemain sekaligus melihat perkembangan kerjasama antar pemain yang selama ini didalam latihan.

Demikian  disampaikan  Pelatih PS Palas U 17 Maratua Hasibuan disela-sela laga persahabatan, Minggu (23/9/2018) dilapangan hijau  Maduma Sibuhuan,Kecamatan Barumun.  Maratua mengatakan  persiapan para pemain pada dasarnya sudah siap bertanding. Sebab mereka sudah dikarantinakan untuk pemusatan latihan. Apalagi tahun ini PS Palas  bertindak sebagai tuan rumah.

“Tahun ini Padang Lawas bertindak sebagai tuan rumah untuk Soeratin U 17 Zona 4 yang diikuti oleh Kesebelasan dari Labuhan Batu,Padang Lawas Utara ,Mandiling Natal dan Padang Lawas”jelas Maratua. Harapan kita nantinya ,kata dia , bisa lolos kebabak berikutnya. Hasil dari beberapa laga ujicoba terlihat terus ada kemajuan yang cukup memuaskan. Baik dari kerjasama antar pemain didalam tim maupun dalam mengikuti instruksi pelatih.,”ucapnya 
 
Pertandingan uji coba  melawan Ponpes Al Mukhlishin  merupakan juara satu Liga Santri Nusantra tingkat Sumatera Utara. “Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan dengan skor 3 – 1 untuk PS Palas, ” sebutnya. Walaupun dari segi usia mereka lebih dewasa,lanjut Maratua ,sebab rata-rata mereka diisi oleh kelas XII. Dengan demikian usia mereka diperkirakan rata-rata sekitaran 19 tahun. 
 
"Sedangkan usia PS Palas rata – rata baru tujubelas tahun . Bahkan ada yang masih usia enam belas tahun.”terangnya.  Sementara Pelatih Ponpes Al Mukhlishin, Hamidi Hasibuan SPd, menerangkan, bahwa laga ujicoba ini merupakan laga pemanasan sebelum berangkat ke Solo untuk mengikuti Liga Santri Nusantara. “Laga ini sebagai bahan evaluasi untuk para pemain dalam rangka keberangkatan ke Solo untuk mengikuti LSN” jelasnya 

Memang dari segi kualitas ,katanya ,diakui PS Palas  setingkat lebih baik dibandingkan kesebelasan AL Mukhlisin ,”jelas Hamidi. Terutama dalam hal penguasaan bola dan kerjasama tim. Mereka terlihat lebih menguasainya dibandingkan kami.”ujarnya  Sementara itu Ketua ASKAB PSSI Padang Lawas, Zainuddin Hasibuan SPd.MM, mengatakan cukup puas melihat hasil pertandingan persahabatan hari ini.

“Terlihat kerjasama sesama pemain sudah mulai kompak dan mereka para pemain sudah mulai memahami intruksi yang diberikan oleh pelatih,” timpal Zainuddin.