PALAS-  Tim monitouring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) meninjau bangunan bersumber anggaran dana desa (DD) tahun anggaran (TA) 2018 berupa bangunan jembatan gantung di Desa Tapian Nauli, 
 
 
Kedatangan tim monev kecamatan kali ini guna memantau, mulai dari pemeriksaan maupun pengukuran terhadap hasil pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan pemerintah desa dalam penggunaan anggaran dengan sesuai petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis).
 
Tim Monev dipimpin oleh Sekcam, Khoiruddin Mukhlis Daulay SH, didampingi Staf Kecamatan, Suparman dan Ahmad Yani Nasution menjelaskan skala prioritas pembangunan, pemerintah desa harus ada perencanaan dengan melibatkan tokoh masyarakat, pemuda, TPK, dan aparatur desa, maka dari itu lakukan permusyawaraan desa (Musdes) agar masyarakat setempat benar merasakan penggunaan dari pemerintah.

Sekcam, Khoiruddin Mukhlis Daulay SH kepada GoSumut, Jumat (14/9/2018) di sela peninjauan mengatakan terdapat (3) titik pelaksanaan pembangunan jembatan gantung (rambin) sepanjang (176) meter, lebar (1,8) meter, juga ditambahnya besi pondasi rabat penahan jembatan. 
 
Bangunan ini merupakan bangunan tahap I dan II yang menghubungkan ke jalan perkebunan warga. Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan.
 
Peninjauan tim Monev, lanjut Sekcam upaya memastikan pembangunan yang menggunakan anggaran DD pada tahap 20-40% benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan RAB sehingga tidak adanya dampak negatif yang mengakibatkan temuan ke-jalur hukum, jelas ketua Tim Monev Mukhlis Daulay didampingi Parman.
 
Adapun turut mendamping tim monitouring dan evaluasi (Monev) pendamping desa pemberdayaan (PDP) Sawalidah Lilariani Siregar dan pendamping lokal desa (PLD) Holidah Sari, menimpal, upaya tidak terjadinya masalah terkait penggunaan dana desa. Untuk itu kami tim meminta kepada pemerintah desa untuk memberikan informasi terbuka mengenai pembangunan mana yang jelas dimana belum selesai maupun sudah selesai, tegasnya PDP Kecamatan, Sawalidah Siregar.
 
Seusai kegiatan, Kepala Desa Tapian Nauli, Safri Siregar didampingi tim pengelola kegiatan Ali Asmi Hasibuan menanggapi temuan tim monitouring dan evaluasi (Monev) untuk mengikuti aturan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dana desa.
 
“pada tahap selanjutnya kami akan musyawarah untuk memprioritaskan penyelesaian terhadap pembangunan jembatan gantung (rambin) yang kedepannya dapat memudahkan akses sarana jalan bagi warga,”ujar Kades.
 
Ditempat terpisah, Kali Yahya Hasibuan selaku masyarakat setempat mengungkapkan juga turut akan membantu dan mendukung dalam pembangunan demi meninggalkan desa yang tertinggal, pungkasnya