PALAS- Ribuan santri dan ibu ibu pengajian mengikuti Pawai peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah yang  diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas) Selasa, (11/9/2018). Kegiatan pawai mengambil start dari Lapangan Merdeka Sibuhuan Kecamatan Barumun dengan berkeliling ibukota Sibuhuan dan finish akhir juga dititik awal start. Wakil Bupati (Wabup) Palas drg Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi didampingi Sekda Arpan Nasution, melepas peserta pawai secara simbolis. 

Kegiatan pelepasan tersebut turut dihadiri Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0212 Tapanuli Selatan Mayor Inf.S.Pasaribu, Forkopimda, OPD, Camat se Palas, Danramil 08 Barumun, Kapten Inf.Fahri Batubara, Kapolsek Barumun,AKP Sudirman.SH , Lurah Pasar Sibuhuan Juneid Siregar dan Ketua TP PKK Kabupaten Palas Nyonya Hj Yusra Ali Sutan dan anggota.

Wabup  mengajak masyarakat menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan. "Mari kita sama-sama meningkatkan ukhuwah islami dan silaturrahmi  agar selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam menciptakan  rasa aman, damai, bersih dan nyaman,”kata Wabup Ahmad Zarnawi Pasaribu usai melepas peserta pawai.

Wabup berharap dengan peringatan Pawai 1 Muharram 1440 Hijriyah akan menambah semangat untuk terus mensyi’arkan Islam di Kabupaten Palas menjadi daerah yang Baldatun Thoyibatun Warobbun Ghofur.

Usai pelaksanaan pawai, dilanjutkan kegiatan Tabligh Akbar tahun baru Islam. Dipusatkan dilapangan Merdeka Sibuhuan.  Sebelumnya dilaksanakan pawai mobil hias ,Senin(10/9/2018) bernuansa islami yang berkeliling sampai di kecamatan Lubuk Barumun.

Amatan GoSumut di lokasi lapangan Merdeka Sibuhuan, walapun dalam kondisi hujan deras tetap memeriahkan tahun baru Islam. Dengan tetap semangat para peserta antusias mengikuti pawai mobil hias menyambut malam 1 Muharram 1440 Hijriah dengan suka ria dan khidmat.