MEDAN-Guna menindaklanjuti perintah Kapolrestabes Medan terkait bersih-bersih narkoba, Pejabat Utama (PJU) serta Kapolsek sejajaran Polrestabes Medan melakukan  tes urine.

 

Tes urine yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mapolrestabes Medan, Senin, (10/9/2018) dipimpin langsung oleh Wakapolrestabes Medan, AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto diikuti 30 orang PJU dan Kapolsek jajaran.Hasilnya, seluruh PJU dan Kapolsek negatif narkoba.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSi dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa tes urine merupakan bagian dari langkah pengawasan dan pencegahan Polrestabes Medan terhadap PJU dan Kapolsek jajaran Polrestabes Medan dalam mengantisipasi keterlibatan anggota terkait narkotika.

“Ini kegiatan rutin yang dilakukan untuk mencegah anggota tidak terpengaruh narkoba,” ujar Kapolrestabes Medan menjawab GoSumut. Dijelaskannya, hal yang sama juga pernah dilakukan Polrestabes Medan pada bulan Mei 2018 lalu.

“Pada tanggal 23 Mei 2018 lalu juga pernah dilakukan tes urine di Mapolrestabes Medan. Ini menandatakan bahwa kita terus melakukan pengawasan terhadap personel. Jangan sampai komandannya pemakai dan terlibat narkoba,” jelas peraih Naskah Strategi Perorangan (Nastrap) terbaik pada Pendidikan Regional (Dikreg) ke-26 Sekolah Staf Pimpinan Tinggi (Sespimti) Tahun 2017 ini.

Sementara itu, Kapolsek Medan Baru, Kompol Martuasah Hermindo Tobing SIK setelah dites urine mengatakan bahwa dirinya sudah selesai melakukan tes urine dan hasilnya negatif.

“Saya sudah melakukan tes urine. Hasilnya negatif. Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh personel Polsek Medan Baru dan masyarakat untuk bersih dari narkoba. Besbas narkoba, generasi maju, Indonesia jaya,” kata Kompol Martuasah.

Hal senada juga disampaikan Wakapolsek Medan Area, AKP Feriawan SH yang mewakili Kapolsek Medan Area, Kompol Jesmi Girsang.

Demikian halnya dengan Kapolsek Medan Kota, Kompol Revi Nurvelani SIK dan Kapolsek Sunggal Kompol Yasir Ahmadi SH SIK MH, Kapolsek Kutalimbaru, AKP Martualesi Sitepu SH MH, Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Faidil Zikri SH SIK, Kapolsek Medan Barat, Kompol Choky Meliala, Kapolsek Medan Timur, Kompol Wilson Pasaribu dan Kapolsek jajaran Polrestabes Medan lainnya yang mengikuti tes urine tersebut.

Sebelumnya, Biro Provos Divisi Propam Mabes Polri melakukan tes urine terhadap 300 lebih personel Polrestabes Medan, pada hari Rabu 23 Mei 2018 silam.‎

Agenda rutin yang digelar Mabes Polri tersebut dipimpin langsung oleh Kombes Pol Parimin Warsito dan Kombes Pol Agung Setianto serta disaksikan Wakapolrestabes Medan AKBP Bagus Oktobrianto dan sejumlah pejabat Polrestabes Medan lainnya.

Saat itu, AKBP Bagus menyebutkan, kegiatan ini merupakan rangkaian pemeriksaan tes urine terhadap seluruh personel yang berjumlah 300 personel lebih sebagai bagaian pengawasan internal terhadap personel.