PALAS-  Dengan teralisasinya dana desa (DD) tahap (II) 40%,  Pemerintahan Desa Pagur Satio, Kecamatan Barumun Selatan (Barsel) Kabupaten Padanglawas (Palas) membangun sarana fasilitas warga seperti gedung serbaguna dan bak penampung air bersih yang di prioritaskan melalui hasil musyawarah desa, Selasa (4/9/2018)
 
 
Kepala Desa Pagur Satio, Jamil Hasibuan menjelaskan, pada tahap (I) 20 % lalu, sudah tersedianya sambungan pipa instalansi, setelah itu, melanjutkan proses tahap (II) 40 % dengan pembuatan (3) unit sumber daya air bersih (bak penampung air) serta gedung serbaguna (9x7) dengan fasilitasi pengadaan kamar mandi dan meteran listrik yang letaknya di tengah ingkungan desa.
 
Kegiatan ini, ungkap Jamil, merupakan salah satu prioritas program kerja dana desa (DD) 2018 dan hasil mufakat di desa.”Setelah rampung bangunan gedung serbaguna ini nantinya masyarakat desa dapat menggunakan keperluan untuk pelaksanaan berbagai kegiatan aktifitas kemasyarakatan di desa,"ujarnya.
 
Juga bangunan lainnya yang diperuntukan sumberdaya air bersih (bak penampung air) (3) titik, serta pengadaan pipa instalansi air bersih ke warga guna mengantisipasinya kekeringan air didesa,”terangnya kades Pagur Satio.

Menurut  jamil, sumber air yang digunakan untuk pengisian bak penampung air bersih berasal dari sumber mata air yang berada di Desa Gunung Inten, Kecamatan Barumun Selatan.
 
Sekdes Pagur Satio Muhammad Syukri Nasution, didampingi ketua BPD Maratua Nasution, dan tomas Ramlan menyatakan pembangunan fasilitas ini tepat bagi pemanfaatan masyarakat di desa.“pemerintahaan Desa Pagur Satio terus komit dan mendukung pembangunan terlebih menjaga fasilitas bangunan bersumber DD ini,”kata sekdes.

"Selama ini pembangunan di desa yang dibiayai program dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) begitu luar biasa karena telah berhasil membebaskan desa yang tertinggal,”pungkasnya.