JAKARTA - Asian Games 2018 merupakan momen bersejarah bagi dunia Sepatu Roda (roller sports), karena untuk pertama kalinya cabang olahraga roller sports dipertandingkan di Asian Games 2018 dan Sepatu Roda sebagai cabang ke-40 yang ditetapkan pada akhir September 2017 untuk dipertandingkan.  Dengan persiapan yang kurang dari 1 tahun,  kontingen Sepatu Roda telah berhasil menyumbang 4 Medali dari disiplin skateboard, baik 2 medali perak dipersembahkan oleh Sanggoe Darma Tanjung dan Jason Dennis Lijnzaat. Sedangkan,  2 medali perunggu diraih oleh Pevi Permana Putra dan Bunga Nyimas (atlet putri berumur 12 tahun).

Selain disiplin skateboard,  dipertandingkan pula disiplin Sepatu Roda (roller skate)  di nomor 20 Km putra dan putri. Walaupun belum meraih medali,  atlet putra sepatu roda Indonesia, Muhammad Oky Andrianto, berhasil menyelesaikan balapan di posisi ketujuh. Atlet Indonesia mampu bersaing dengan kekuatan sepatu roda Asia lainnya,  khususnya China Taipeh,  Korea dan China.

Dari proses pelaksanaan Asian Games 2018 ini,  PB PORSEROSI memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah yang mendukung keberhasilan tim Sepatu Roda.

PORSEROSI memberikan apresiasi yang tinggi kepada Presiden Republik Indonesia,  Joko Widodo,  yang telah melakukan terobosan kebijakan keolahragaan melalui Peraturan Presiden No.  95 tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga  Nasional (PPON), yang memiliki dampak positif bagi pencapaian prestasi olahraga, termasuk Sepatu Roda. 

Sejak awal tahun 2018, Kementerian PUPR telah membangun venue skateboard (skatepark) di Jakabaring Sport Centre,  Palembang dengan standar internasional.  Demikian pula,  Pemerintah Provinsi Selatan,  yang membenahi kembali sirkuit 400 meter Sepatu Roda.

Secara khusus, Menteri Pemuda dan Olahraga,  Imam Nahrawi dan jajaran Kementerian Pemuda dan  Olahraga (Kemenpora) telah menaruh perhatian penuh dalam peningkatan prestasi Sepatu Roda. Sejak awal tahun 2018 mendukung proses pemusatan latihan nasional,  baik yang dilaksanakan di Dalam Negeri dan di Luar Negeri.  Pelatihan dengan performa tinggi telah berhasil membantu peningkatan kemampuan skill dan fisik atlet menuju Game Time di Asian Games.

Strategi

Menurut Sekjen PB PORSEROSI, Velix Wanggai, apa yang dicapai di Asian Games 2018, sebagai pelajaran internal PORSEROSI yang sangat berharga dalam menata, membenahi dan mengevaluasi strategi pembinaan prestasi, pembinaan teknik dan penguatan roda organisasi ke seluruh Tanah Air.

"Sebagai cabang olahraga Olimpiade 2020, disiplin skateboard akan menjadi disiplin yang menjadi perhatian penting.  Demikian pula,  disiplin Roller Skate yang punya multi-event internasional dan nasional,  akan terus ditata dan ditingkatkan oleh PB PORSEROSI dengan bekerja sama dengan Pemerintah dan Pemda maupun komunitas/klub Roller Sports di Indonesia. Dengan terobosan kebijakan keolahragaan nasional melalui Peraturan Presiden No.  95 tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga  Nasional (PPON), akan memperkuat keberlanjutan pembinaan dan pemerataan prestasi olahraga, termasuk Sepatu Roda di berbagai jenjang kompetisi," kata Velix.  *