PALAS- Pemerintah Desa Tanjung Purba Tua, Kecamatan, Barumun Selatan (Barsel) Kabupaten Padanglawas (Palas) alokasikan dana desa (DD) tahap ke-2 dengan membangun 28 unit pembuangan air limbah mandi cuci (MCK), di lokasi lingkaran desa, Jumat (31/8/2018).
 
Kepala Desa Tanjung Purba Tua, Tongku Kahar Nasution, menyatakan bangunan pembuangan air limbah ke setiap mck sebanyak 28unit dengan ukuran (2x1/5meter) merupakan lanjutan pekerjaan tahap pertama yang melibatkan masyarakat desa secara swakelola.
 
"kegiatan ini dilakukan karena melihat kondisi mck didesa ini kesulitan untuk menyalurkan pembuangan air limbah. Oleh karena itu sebagai mewujudkan peduli lingkungan hidup yang bersih dan sehat di lingkaran desa. Ia berharap bangunan pembuangan air limbah ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijaga demi tercapainya tujuan yang dicita-citakan bersama” ujar Kades.
 
Sementara ketua BPD Baijuri Nasution didampingi tomas  Saleh Dalimunthe mengatakan, pembangunan alokasi DD tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan derajat lingkungan kesehatan. “pemerintah desa sudah mengadakan sarana pendidikan berupa alat komputer 7 unit dan printer 2 unit dan ditambahnya 40 unit baksampah serta peralatan puskesmas desa  pada DD sebelumnya.”jelas Baijuri. Kemudian, untuk perencanaan DD berikutnya pihaknya akan menambah sarana bangunan 1unit poskamling dan 1unit mobil siaga darurat untuk keperluan desa, tandasnya.