PALAS-  Rumah Dinas guru di SDN 1204 Padang Hasior ,Kecamatan Sihapas Barunun,Kabupaten Padang Lawas(Palas)hangus terbakar dilalap sijago   merah,Rabu(29/8/2018) sekira pukul 03.00 WIB dinihari. Informasi yang dihinmpun dari pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas, dugaan sementara tiga unit  bangunan rumah dinas guru yang berada di lingkungan sekolah tersebut terbakar  akibat korsleting arus pendek.  Api secara tiba tiba muncul dari dalam rumah paling ujung,akhir api meluas  menjilat  dua a rumah lainnya yang berjarak hanya beberapa meter. Dalam hitungan jam, tiga unit rumah guru ini hangus rata dengan tanah .

Bangunan rumah  semi permanen ini hanya menyisakan puing bekas kebakaran. Sejumlah barang elektronik yang ada didalam rumah tidak terselamatkan seperti Laptop, Printer, Kulkas, TV dan berkas-berkas penting tidak luput dari amukan api. Bahkan 1 unit sepeda motor beat ikut hangus terbakar 

Kepala Sekolah SDN 1204 Padang Hasior Aminuddin .SPd menuturkan , api baru bisa dipadamkan berkisar satu jam kemudian.  Tepatnya setelah api melalap tiga unit rumah guru yang ditempati Ali Umar Daulay, Khoirul Zaman dan Mita tersebut habis terbakar.Api dapat dijinakan setelah  ratusan warga sekitarnya ikut  membantu  menggunakan alat seadanya untuk memadamkan kobaran api . "Belum dapat diperkirakan  kerugian akibat kebakaran ini,” ungkapnya
 
Sementara  Kabid Dikdasmen M Rasyidi Hasibuan SPd MM,setelah menerima laporan dari pihak sekolah langsung  meninjau lokssi kebakaran dilingkungan sekolah tersebut. Kata Rasyidi,kejadian terbakar rumah dinas guru  ini tidak menggangu kegiatan  proses belajar mengajar terhadap anak didik.disekolah itu. 

“Kegiatan belajar tetap berjalan , karena yang terbakar  rumah dinas guru, bukan ruang belajar siswa ” terang Kabid Dikdasmen. Camat Sihapas Barumun Sarwoedi Hssibuan membenarkan kejadian kebakaran rumah dinas guru.
 Pasca kebakaran , pihak Kecamatan telah terjun langsung melihat kondisi guna keperluan membuat laporan kepada dinas terkait . “Pihak Kecamatan bersama Dinas Pendidikan sudah meninjau lokasi kebakaran,hal ini juga  sudah kita laporkan,”pungkas Camat.