MEDAN - Dalam rangka meningkatkan ketrampilan dan kapasitas wawasan para anggotanya, PW Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut menggelar Program Cooking Class yang menghadirkan chef berpengalaman dari Jakarta, bertempat di Pusat Platihan dan Galeri IPEMI Sumut Jalan Bunga Raya No.9 Kelurahan Asam Kumbang Kecamatan Medan Sunggal.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para pengurus dan anggota IPEMI yang berasal dari daerah, antara lain IPEMI Langkat, IPEMI Medan, IPEMI Binjai, IPEMI Tebingtinggi, IPEMI Sergai serta kaum ibu di lingkungan sekitar Pusat Pelatihan dan galeri IPEMI Sumut. Kegiatan cooking class tersebut diikuti dengan antusias oleh seluruh anggota IPEMI yang hadir.

Menurut Ketua IPEMI Sumut, Hj Yulidar Bugis, SE, kegiatan cooking class yang diinisiasi oleh IPEMI Sumut itu digelar sebagai salah satu upaya IPEMI dalam menambah ketrampilan para anggota yang bernaung di bawah organisasi yang dipimpinnya. Dengan pelatihan yang mendatangkan fasilitator berpengalaman yakni seorang chef dari Jakarta.

Yulidar berharap agar para anggota IPEMI Sumut, baik yang telah berkiprah dalam UKM bidang kuliner, maupun para ibu rumah tangga yang ingin mewujudkan impiannya untuk mandiri secara finansial, mendapatkan tambahan ilmu dalam meracik resep makanan sehingga layak konsumsi dan layak jual.

“Saya berharap agar para ibu yang telah mengikuti kegiatan cooking class IPEMI bisa mentransfer ilmunya kepada ibu-ibu lain yang membutuhkan informasi tersebut. Dengan demikian, secara tidak langsung IPEMI sudah turut dalam upaya menyebarluaskan informasi yang bermanfaat, yang dapat digunakan oleh para ibu untuk menambah penghasilan rumah tangganya,” kata Yulidar.

Ditambahkan Yulidar, meskipun berprofesi sebagai ibu rumah tangga, kaum perempuan juga harus dapat membantu para suami dalam menyokong perekonomian rumah tangganya. Hal itu mengingat kebutuhan ekonomi keluarga saat ini yang sangat besar, khususnya dalam memberikan jaminan pendidikan dan kesejahteraan yang memadai bagi anak-anaknya.

“Kita tak harus meninggalkan rumah untuk bisa berkarya dan bermanfaat. Sepanjang tetap bersemangat dalam menambah ilmu pengetahuan, maka kita juga bisa berkontribusi secara finansial dengan tidak meninggalkan kodrat sebagai seorang ibu,” tandas Yulidar.

IPEMI Ikuti TOT Keamanan Pangan selain cooking class, IPEMI Sumut juga mengirimkan delegasinya pada Training of Trainer Keamanan Pangan yang diselenggarakan atas kerjasama antara BPOM dengan IPEMI bagi seluruh kepengurusannya di seluruh Indonesia, bertempat di Hotel Cempaka Jakarta, 27 hingga 28 Agustus 2018.***