PALAS- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar lomba cipta menu beragam, menu seimbang dan aman(B2SA)dalam rangka peringatan Hari Pangan sedunia ke XXXVIII tahun 2018,Selasa(28/8/2018) di aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.
 
Kegiatan lomba sumber pangan alternatif berbasis sumber daya lokal non beras dan tepung mengusung Tema "Budayakan pangan lokal untuk meningkatkan  kwalitas gizi keluarga. Peserta kegiatan lomba dari 12 Kecamatan se Palas menampilkan pola ragam menu masakan dimeja display untuk mendapat penilaian dari Tim Juri. 
 
Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap (TSO) mengatakan,  melalui perlombaan ini, dapat menambah pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman. "Pola konsumsi pangan sehat yang dikenal beragam, bergizi, seimbang dan aman(B2SA) dapat diimplementasikan dikelompok masyarakat untuk memenuhi kualitas pangan melalui pemilihan bahan pangan dan penyusunan menu," kata Bupati,saat membuka lomba cipta menu. 
 
Menurut Bupati,  pangan adalah salah satu dasar kehidupan kita, tentu untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dapat dilakukan melalui perbaikan pola konsumsi pangan. TSO mengimbau,  dalam konsumsi pangan diharapkan memperhatikan permasalahan gizi. "Karena permasalahan  kekurangan gizi saat ini menjadi perhatian pemerintah yaitu Stunting , kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan  gizi kronis," ucapnya. 
 
Sebelumnya Kadis Ketahanan Pangan Palas Ir. Nurhalimah mengatakan,  konsumsi pangan dilakukan tidak untuk mengganti beras secara total, tetapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat. Dengan lomba cipta menu ini diharapkan menjadi salah satu upaya menggali potensi mengembangkan kreatifitas dalam menciptakan menu, mengangkat citra dan martabat pangan lokal dan menambah peluang ekonomi. 
 
"Lomba ini merupakan cara pengenalan ke masyarakat dalam rangka mempercepat pemahaman tentang mengkonsumsi  pangan B2SA dan mewujudkan kepedulian kaum ibu dalam upaya meningkatkan kreasi dan nilai tambah produk dengan memanfaatkan bahan pangan lokal daerah," ungkap Nuralimah. 
 
Dewan juri mengumumkan  penilaian juara  lomba cipta menu tingkat Kabupaten Palas,juara I diraih Kecamatan Hutarajatinggi, juara II dan III dari Kecamatan Batam dan Sosa.  Sedangkan juara harapan I dari Kecamatan Sihapas Barumun dan harapan II dan III dari Kecamatan Ulu Barumun dan Barumun Selatan. 
 
Untuk kategori Cita Rasa dan Kreaktifitas juara I diraih Kecamatan Barumun. Tengah, juara II dan III dari Kecamatan Aek Nabara Barumun dan Huristak. masing-masing juara mendapatkan tropy dan hadiah dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Palas.