JAKARTA – Pasangan ganda putra Indonesia,  Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon akhirnya merebut medali emas bulutangkis perorangan Asian Games 2018. Dalam laga dramatis yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (28/8/2018), Kevin-Markus mengalahkan rekan senegara, Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto, dengan skor 13-21, 21-18, 24-22.

Sebuah pertarungan kelas dunia ditampilkan kedua anak didik Herry Iman Pierngadi ini di partai puncak. Meskipun melawan sesama pemain Indonesia, namun pertandingan berlangsung sangat sengit dan ketat.

Pada game pertama, Fajar-Rian tampil menekan, justru Kevin/Marcus yang tidak tampil di permainan terbaiknya. Kevin-Marcus membalas di game kedua, mereka memanfaatkan kesempatan saat Fajar/Rian tak dapat keluar dari tekanan dan banyak melakukan kesalahan sendiri.

Unggul 17-11 di game penentuan, Fajar-Rian masih belum bisa menyelesaikan permainan. Kevin/Marcus mendekat hingga kedudukan menjadi 18-19, di saat-saat kritis, Kevin-Marcus menunjukkan mental juara, mereka tak gentar meskipun tertinggal. Permainan Fajar-Rian yang begitu menyulitkan mereka, akhirnya dapat diatasi. Satu pengembalian yang terlalu melebar dari Fajar membuat Kevin-Marcus memastikan medali emas.

"Puji Tuhan hari ini saya dapat mukjizat. Sudah ketinggalan jauh akhirnya bisa menang, itu benar-benar luar biasa. Fajar/Rian bermain sangat luar biasa, diluar ekspekasi kami, mereka bermain sangat baik," kata Kevin.

"Puji Tuhan juga untuk kemenangan ini. Waktu di game ketiga kami tertekan terus. Rasanya sudah hopeless, tapi ada mukjizat, di poin akhir kami lebih beruntung," ujar Marcus.

"Tantangannya tadi banyak banget, kami juga hampir kalah. Lawan memang bermain bagus, kami lebih beruntung. Fajar-Rian tidak gampang mati drive nya, bagus banget, bola pengembaliannya tipis-tipis dan jarang melakukan kesalahan sendiri. Mereka mainnya lebih dari 100 persen hari ini," tambah Marcus.

Berikut daftar perolehan medali tim bulutangkis Indonesia di Asian Games 2018:

EMAS

1. Jonatan Christie

2. Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon 

PERAK

Tim Beregu Putra

1. Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto 

PERUNGGU

Tim Beregu Putri

1. Anthony Sinisuka Ginting

2. Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir

3. Greysia Polii-Apriyani Rahayu