PALAS- Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Padang Lawas (Palas)berkoordinasi dengan Dinas Pemerintah Masyarakat dan Desa (PMD) untuk peningkatan kinerja aparatur  perangkat desa menuju Palas Bercahaya ,Senin (27/8/2018). Ketua APDESI Maragende Hutasuhut mengatakan, melalui rapat koordinasi dan diskusi ini diharapkan mampu mendorong kualitas kinerja aparatur pemerintah desa. Dikatakanmu,   diskusi ini terkait kinerja mulai dari kendala bertugas dan lain sebagainya. 

"Selain kinerja yang harus di tingkatkan, pelayanan kepada warga  serta  menjaga kenyamanan ditengah masyarakat juga harus lebih di tingkatkan,"katanya . Kata Maragende,  masyarakat juga perlu lebih meningkatkan pembinaan remaja dalam mengantisipasi berbagai kenakan remaja di desa agar tidak mudah terkontaminasi  dengan berbagai penyimpangan yang dapat menimbulkan keresahan. 
 
Kadis Pemerintah Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Palas Hamzah Nasution menjelaskan,peran kepala desa menjadi tolak ukur dalam peningkatan kinerja aparatur pemerintah desa sebagai pelayan publik dalam mewujudkan perubahan paradigma sebagai pelayan masyarakat.
 
Aparatur pemerintahan desa, kata dia,  dalam memberikan pelayanan publik kepada warga desa, mengunakan metode kualitatif  agar dapat lebih fleksibel dan leluasa menggali dan mengkaji lebih dalam  permasalahan yang ada di desa. Hamzah menegaskan,indikator kinerja produktif dan kualitas layanan harus  dibarengi  akuntabilitas yang baik dengan penerapan standar pelayanan  dibidang  administrasi kependudukan dan aturan  norma serta etika pelayanan yang berkembang dalam masyarakat.