JAKARTA – Penampilan peinju Indonesia luar biasa. Kini, Indonesia sudah menempatkan tiga perinju ke perempatfinal. Setelah petinju wanita Hasanah Huswatun, Aldom Suguro, giliran Farrand Papendang meraih tiket ke perempatfinal kelas Ringan (60kg).

Dalam pertandingan babak perdelapanfinal tinju Asan Games XVIII yang digelar di Hall C Kemayoran Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018), Farrand meraih kemenangan atas petinju Korea Selatan, Haeju Choi dengan skor 5-0. “Saya persembahkan kemenangan ini untuk keluarga,” kata Farrand usai pertandingan.

Penampilan Farrand memang cukup menggigit, Dia mampu menjatuhkan Choi sebanyak dua kali pada ronde pertama dan ketiga.  “Tadinya, di ronde pertama saya hanya menjajaki sesuai instruksi pelatih. Tapi, lawan langsung menyerang bertubi-tubi dan saya terpancing emosi untuk bertarung dalam jarak pendek. Beruntung pukulan telak sempat menjatuhkannya,” kata Farrand.

Pertarungan jarak pendek sudah tidak terhindarkan lagi pada ronde kedua dan ketiga. Tetapi, Farrand sekali lagi sempat melepaskan pukulan yang menjatuhkan Choi pada ronde ketiga.  “Ya, pukulan telak tepat dilepaskan Farrand menyebabkan Choi mendapat hitungan wasit,” kata mantan petinju nasional, Syarifuddin Lado.

Di perempat final, Farrand akan berhadapan dengan petinju Thailand, Rujakran Juntrong yang mengalahkan petinju Timor Leste, Savon Ramos Monteiro dengan skor 5-0. “Saya belum pernah dengan Rujakran. Tapi, saya akan berusaha memperbaiki penampilan saat berhadapan dengannya. Dan, saya akan berusaha untuk bisa memenangkan setiap pertandingan,” kata Farrand.