MEDAN-Irjen Pol Paulus Waterpauw meyakini kinerja Polda Sumut di bawah pimpinan Brigjen Pol Agus Andrianto akan semakin meningkat. Hal itu dikatakan Paulus Waterpauw dalam acara Farewell Parade di Mapolda Sumut, Kamis, (23/8/2018).

 

"Saya meyakini dengan kreatifitas dan inovasi kinerja Polda Sumut dibawah kepemimpinan Kapolda Sumut yang baru yaitu Bapak  Brigjen Pol Agus Andrianto akan semakin baik dan meningkat," ujar Irjen Paulus. Oleh karena itu, lanjut Paulus ia berharap untuk meningkatkan kinerja itu, seluruh pejabat utama Polda Sumut dan Kapolres sejajaran mendukung Brigjen Pol Agus Andrianto selaku Kapolda Sumut yang baru.

"Kepada para pejabat utama Polda Sumut dan Kapolres sejajaran, agar dapat membantu Brigjen Agus Andrianto selaku Kapolda Sumut yang baru, dengan memberikan masukan dan saran berdasarkan pengalaman di bidang tugasnya masing-masing," ungkap Alumnus Akpol Tahun 1987 ini.

Selain itu, mantan Wakil Kepala Badan Intelejen Mabes Polri ini menuturkan, bahwa di Indonesia, Sumatera Utara merupakan salah satu barometer keamanan. "Oleh karenanya, masih banyak pekerjaan rumah yang harus segera ditindak lanjuti Kapolda Baru," tutur Paulus.

Pada kesempatan tersebut, Paulus yang telah bertugas menjadi Kapolda Sumut selama 1 tahun 1 bulan 12 hari ini mengaku bangga karena mendapatkan banyak hal dan pengalaman yang berharga. "Saya bangga pernah menjadi bagian dari Polda Sumut. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, kami sekeluarga dengan rendah hati berpamitan dan mohon doa restu agar bisa menjalani tugas di tempat yang baru," imbuhnya seraya menambahkan program dan kegiatan kerja Polda Sumut tidak akan berhenti hanya dikarenakan pergantian pejabat baru.

Sementara itu, Kapolda Sumut baru, Brigjen Pol Agus Andrianto yang diangkat berdasarkan Surat Telegram ST/2015/VIII/Kep/2018 tanggal 13 Agustus 2018 lalu meminta dukungan semua pihak karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikannya sebagai Kapolda Sumut.

"Dukungan dan loyalitas yang telah diberikan kepada Bapak Irjen Pol Paulus Waterpauw kiranya juga dapat diberikan kepada saya dalam rangka mengimplementasikan visi misi Polri di Polda Sumut," pintanya.

Sebab, lanjut dijelaskan Alumnus Akpol Tahun 1989 ini, kedepan, tugas yang dihadapi akan semakin kompleks dan sedikitnya ada 12 pekerjaan rumah harus diselesaikannya sebagai Kapolda Sumut di antaranya penanganan terorisme, kejahatan konvensional, Curas, curat, curanmor (3C), lalulintas, narkoba, perjudian, ilegal logging, kasus tanah dan human trafficking yang cukup tinggi, serta konflik sosial atau intoleransi.

"Sebagaimana telah disampaikan oleh Bapak Irjen Pol Paulus Waterpauw, bahwa masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus segera kita tindaklanjuti. Termasuk kesiapan menghadapi pengamanan Pilpres dan Pileg 2019. ," jelasnya. 

Selain itu, mantan Kasat Reskrim Poltabes Medan saat ini Polrestabes menyebutkan dirinya bangga atas keberhasilan serta terobosan yang telah dilakukan Irjen Pol Paulus Waterpauw semasa menjabat Kapolda Sumut.

"Maka dari itu, demi kemajuan Polda Sumut serta polri, saya akan melanjutkan berbagai terobosan kreatif dan keberhasilan yang telah dilakukan Irjen Pol Paulus Waterpauw selama menjabat sebagai Kapolda Sumut," sebut Agus seraya mengapresiasi keberhasilan Irjen Pol Paulus Waterpauw dan akan menjadikannya refrensi dalam memimpin Polda Sumut.