PALAS -Masyarakat lingkungan IV, Kelurahaan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun  Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar  lomba panjat pinang , memeriahkan HUT RI ke-73. Kegiatan panjat pinang mengundang perhatian warga disertai gelak tawa penonton, karena peserta pemanjat dibagi dua kelompok, yaitu kelompok remaja dan orang tua. Sorak sorai penonton menyaksikan para pemanjat yang terus melorot karena licin gemuk yang ada dibatang pinang tidak dapat ditaklukan mengundang tawa penonton. Kelompok tua dan kelompok muda memanjatnya secara bergantian.

Lomba panjat pinang itu  dipusatkan di pinggiran jalinsum Sibuhuan, sehingga mengundang perhatian  pengguna jalan. Bahkan orang yang kebetulan melintas ikut  turut serta menyaksikan keunikan  lomba panjat pinang. Tidak hanya itu, warga turut dimeriahkan perlombaan rakyat khas 17-an lainnya seperti tarik tambang dan lomba makan kerupuk.

Ketua Panitia kegiatan perlombaan Mhd. Saddam Husein Lubis mengatakan, lomba panjat pinang ini disponsori Persatuan Naposo Bulung (PNB) Lorong Pendidikan. Tujuannya menyatukan pemuda dan kalangan orang tua membangun kebersamaan dalam kemeriahan  HUT RI ke-73.

Selain itu, kata dia,   tujuan kegiatan tersebut adalah sebagai implementasi wujud kreatifitas masyarakat guna mengapresiasikan rasa kecintaan terhadap tanah air, disamping sebagai upaya melestarikan tradisi tahunan dalam setiap momentum memperingati HUT RI.

"Sumber dana anggaran dalam pelaksanaan kegiatan lomba ini merupakan hasil dari swadaya masyarakat dan partisipasi dari berbagai pihak sebagai wujudkan kebersamaan dan semangat kegotongroyongan yang merupakan warisan dari para leluhur," kata Mhd Saddam disela kegiatan lomba panjat pinang  "Terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan memberikan dukungan pelaksanaan kegiatan lomba panjat pinang yang kami adakan,"ucapnya.
 
Ia berharap, kegiatan yang sama dapat lebih meriah di tahun depan. Karena dilokasi ini sudah tiga tahun berlangsung kegiatan panjat pinang sebagai hiburan terhadap warga setempat dan kreaktifitas muda mudi sekaligus membangun kekompokan dalam menjaga kekondusifan dan kenyamanan dalam bermasyarakat.

kata Saddam, momentum HUT RI ,dapat membangun hubungan silaturrahmi dan kekompakan di masyarakat. "Dalam memaknai perjuangan bangsa untuk kemerdekaan. tentu kita isi dengan kegiatan kegembiraan sebagai rasa syukur dan kebanggaan kemerdekaan bagi seluruh rakyat indonesia," imbuhnya.