PALAS -Ketua Bawaslu RI Abhan melantik Anggota Bawaslu Kabupaten Padang Lawas(Palas) terpilih masa jabatan 2018-2023. Tiga anggota Bawaslu Kabupaten Palas ,Rahmat Effendi Siregar, Irham Habibi Harahap dan Rafles Purba mengikuti prosesi pelantikan dan diambil sumpah jabatan bersamaan dengan anggota Bawaslu Kabupaten/kota se Indonesia, Rabu(15/8/2018)di Jakarta.
 
Sakah seorang Bawaslu Kabupaten Palas yang baru dilantik , Rahmat Effendi Siregar ketika dihubungi Gosumut,Kamis (16/8/2018) melalui telepon seluler mengatakan,pihaknya dituntut menjalankan  tugas pengawasan Pemilu secara baik, profesional dengan kemampuan dan kemauan yang tinggi. Pasalnya, kata Rahmat,  kekuatan Pengawasan pada pelaksanaan Pemilu di daerah menjadi  barometer keberhasilan Bawaslu. 
 
"Kita siap melaksanakan tugas pengawasan pemilu selama kurun waktu lima tahun kedepan,"katanya. Mengawali tugas pengawasan, lanjut dia,  pihaknya diberi bimbingan teknis (Bimtek ) dan pembekalan sehingga fungsi pengawasan nantinya berjalan maksimal dan berkualitas. 
 
"Harapan kita kepada masyarakat Kabupaten Palas khususnya dapat ikut serta berpartisipasi membantu tugas Bawaslu dalam mencegah dan menindaklanjuti segala bentuk pelanggaran serta menyelesaikan sengketa proses pemilu sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku, pungkas Rahmat.