PALAS- Dalam rangka penyambutan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar perlombaan festival budaya daerah tingkat SD, SMP, SMA dan umum Naposo Nauli Bulung  dipusatkan dilokasi lapangan Merdeka Sibubuan,Rabu (8/8/2018).
 
Perlombaan festival budaya daerah yang dipertandingkan adalah tari tor-tor, tari kreasi, penyanyi solo, marjala panjang, bersuling, serta tari memase. Peserta lomba yang meraih juara  diberikan  hadiah tropi dan uang pembinaan pada puncak peringatan HUT RI.
 
Peserta yang mengikuti lomba  akan dinilai  oleh tiga dewan juri yaitu Alianda Lubis, Erni Pohan dan  Sridinawati. Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palas Nurazizah Nasution mengatakan, kegiatan lomba  festival budaya daerah ini sebagai ajang  menumbuh kembangkan minat generasi muda serta mengasah minat dan  bakat untuk mengenal budaya daerah. "Agar generasi kita tidak pernah lupa akan adat dan budayanya,"ungkapnya.
 
Dikatakan Nurazizah, melalui perlombaan ini juga dapat menggali potensi minat dan bakat para siswa untuk melesatarikan budaya daerah sebagai ajang kreaktifitas melalui pagelaran seni budaya. "Selain melestarikan budaya  juga menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme para pelajar, sehingga kedepan anak-anak bangsa memahami nilai juang para pahlawan kemerdekaan,"paparnya. 
 
Ia berharap, para pelajar sebagai generasi penerus, harus memiliki rasa pentingnya nilai dan makna kemerdekaan sehingga bersemnagat membangun nilai budaya dan kearifan lokal.