LABUHANBATU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu bersama Forkompika Kecamatan Panai Hulu menyambangi dan memberikan bantuan kepada puluhan warga yang mengalami musibah angin puting beliung di Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut, Senin (6/8/2018).

Peristiwa yang terjadi pada Minggu (5/8/2018) petang kemarin sekira pukul 18.00 WIB menyebabkan puluhan rumah di Desa Meranti Paham dan Desa Perkebunan PTPN IV Unit Usaha Ajamu, rusak berat.

Ada pun puluhan rumah yang mengalami rusak di Kecamatan Panai Hulu Desa meranti Paham yakni sebanyak 10 rumah antara lain keluarga Murnawan (40), Seno (38), Jentri (45), Sarina (60), Misdi (70), Turimin (50) dan tampak juga rumah Kepala Desa Meranti Paham, Sugeng (40) rusak akibat angin puting beliung.

Sedangkan di Desa Perkebunan ada 4 rumah yakni Keluarga Supangat (55), Tumurun (49), Sendiri Sinambela (37), Martono (60).  Kepala BPBD Labuhanbatu, H. Sopyan Hasibuan melalui Camat Kecamatan Panai Hulu Turing Ritonga mengucapkan turut prihatin dengan keadaan dan kondisi pemukiman warga yang rusak akibat puting beliung.

"Ada sekira 14 rumah warga di Kecamatan Panai Hulu yang rusak, yakni di Desa Meranti Paham dan Desa Perkebunan Ajamu, semuanya sudah mendapatkan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Labuhanbatu," jelasnya.

Kata Camat, pada saat pemberian bantuan ini dihadiri Kepala BPBD Labuhanbatu, H Sopyan Hasibuan, Kabid Logistik Nurdin Mardiansyah, Azwan, dari pihak Perkebunan PTPN IV Unit Ajamu Asisten SDM Aulia, dari kepolisian Polsek Panai Tengah Aiptu Sisrianto dan Kepala Desa Meranti, Paham Sugeng.

Turing menjelaskan, rumah Kepala Desa Meranti Paham juga mengalami rusak akibat puting beliung. "Selaku pemerintah desa, kami sangat berterima kasih kepada BPBD Labuhanbatu yang cepat tanggap terhadap peristiwa yang dialami warga. Kami juga apresiasi kepada semua pihak termasuk kepolisian Polsek Panai Tengah, Camat Panai Hulu, dan juga Management Perkebunan PTPN IV Unit Usaha Ajamu yang sudah memberikan perhatian dan bantuan kepada warga yaitu berupa sembako," tuturnya.