PALAS- Meningkatkan partisipasi, pengetahuan, kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap orang dalam lingkungan adalah sangat diperlukan, demi terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Demikian sambutan Bupati  Palas H.Ali Sutan Harahap(TSO) saat  membuka acara kegiatan Penanggulangan dan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Palas, di lapangan Merdeka Sibuhuan,Jumat (3/8/2018). Acara ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Menurut TSO, dengan Germas ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk penerapan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat umumnya. 

"Mari kita wujudkan peran aktif yang diimplementasikan di semua lini yang ada  termasuk di lingkungan sekolah, pemerintahaan dan masyarakat untuk program Germas menuju pola hidup sehat jasmani dan rohani, "imbau TSO kepada peserta kegiatan yang terdiri dari Kepala UPTD Dinas Pendidikan,para Kepala sekolah, kepala Puskesmas dan jajaran OPD Pemkab Palas.  

TSO juga menekankan, seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan Pendidikan yang termasuk di dalamnya UPTD dan kepala sekolah dapat melaksanakan penerapan program Germas melalui Usaha Kesehatan Sekolah(UKS).
 
"Kegiatan UKS di sekolah harus lebih ditingkatkan secara relevan dalam mewujudkan Kabupaten Palas Bercahaya sejalan dengan program Germas, "tegasnya sembari mengimbau, seluruh kepala sekolah untuk berperan aktif mewujudkan penerapan pola hidup sehat di lingkungan sekolah dan siswa.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Hj Leli Ramayulis mengatakan program indonesia sehat sesuai Instruksi Presiden RI Nomor :1Tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.  Dikatakannya, paradigma sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat bertujuan peningkatan aktivitas aktif, peningkatan perilaku hidup sehat, penyedian pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan edukasi hidup sehat, katanya.

Dia berharap dengan kampanye  Germas ini, dapat meningkatkan pendidikan keluarga untuk hidup sehat dan memperkuat fungsi pos kesehatan dalam mendorong konektivitas aktivitas fisik masyarakat dalam mengkonsumsi sayuran dan makanan yang bergizi.

"Penerapan Germas berlatar belakang transisi Epidemiologi, demografi, prilaku dan transisi gizi,"ungkapnya 
Leli Ramayulis menambahkan, empat latar belakang yang harus terlebih dulu dipahami untuk terpenuhuinya kebutuhan dasar masyarakat dibidang kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan.  

Disisi lain, kegiatan kampanye  Germas, juga dilaksanakan senam yang melibatkan Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap(TSO),Ketua TP PKK Kabupaten Palas Nyonya Hj Yusra Ali Sutan, Kadis Kesehatan Hj Leli Ramayulis, Sekretaris Kesehatan dr. Ummi Sahara Matondang dan seluruh peserta.