JEMBER - Ratusan santri dari kawasan Sekar Kijang (Eks Karesidenan Besuki dan Lumajang) yang meliputi Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Lumajang mendeklarasikan dukungan untuk Presiden Joko Widodo, Jumat (3/8/2018). Deklarasi dilakukan di lapangan Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember. 

Para santri yang tergabung dalam Forum Komunikasi Santri (Fokus) itu berharap Jokowi kembali maju dalam pemilihan presiden 2019.

Bentuk dukungan itu dituangkan dalam pembacaan ikrar dan penandatanganan kain putih sepanjang 100 meter untuk dikirim ke Jokowi. "Seratus meter adalah simbol dukungan seratus persen." kata Koordinator Fokus Miftahul Arifin Hasan. 

Ada lima alasan 5 M untuk mendukung Jokowi. Pertama, Jokowi menghormati dan menghargai ulama. Pemerintahan Jokowi telah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada KH Asad Syamsul Arifin, pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo.

Jokowi juga dinilai Fokus berhasil menjaga NKRI dan ideologi Pancasila dari rongrongan radikalisme. "Beliau juga menghargai pondok pesantren dan kalangan santri, dengan menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional," kata Hasan.

Dalam aspek pembangunan, Jokowi dianggap sukses membangun infrastruktur di dalam dan luar Jawa secara merata. Pembangunan yang merata ikut meningkatkan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat. Terakhir, Jokowi membina dan mengembangkan tumbuhnya ekonomi kerakyatan.***