JAKARTA - Rivalitas tim kerap mewarnai kemeriahan penyelenggaraan turnamen sepak bola di kawasan Asia Tenggara. Persaingan ini tak terkecuali bahkan untuk level turnamen usia muda sekalipun seperti Piala AFF U16 yang berlangsung di dua kota di Jawa Timur.

Masing-masing tim berupaya mendapatkan gengsi dengan menjadi yang terbaik. Rivalitas tetap harus ada karena justru dengan rivalitas inilah kualitas tim dan kompetisi terbentuk. Namun demikian, sekeras apa pun kompetisi, roh dan nilai-nilai olah raga harus tetap dijaga dan dihormati.

"Saat PSSI ditunjuk AFF sebagai tuan rumah, maka kita punya kewajiban menjalankan turnamen sesuai standar yang berlaku, termasuk di dalamnya keamanan dan kenyamanan. Maka dari itu, meski tensi rivalitas sangat tinggi, PSSI mengajak suporter Indonesia untuk ikut membantu menjaga ketertiban dengan menghormati semua tim peserta," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

PSSI, lanjut Tisha, juga memahami dinamika dan kondisi tim lainnya. Karena itu, PSSI juga menghargai Federasi sepak bola Malaysia yang telah menyampaikan permohonan maaf terkait tindakan pemain Malaysia yang memasang terbalik bendera Indonesia di akun pribadinya pada jejaring media sosial dan sempat membuat geram masyarakat Indonesia.

"Mari sama-sama kita menjaga marwah olahraga dengan menjunjung sportivitas, respek dan fairplay. Kita ingin masalah ini tidak berkepanjangan dan suporter Indonesia tidak perlu terpancing dengan hal ini," kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

Tisha menambahkan, PSSI bersama pihak terkait akan berupaya menjalankan turnamen dengan sebaik-baiknya. "Kita ingin memastikan semua pertandingan berjalan dengan aman dan lancar. Kita juga ingin menyaksikan bakat-bakat pemain muda yang beraksi di lapangan. Karena itu kami mohon dukungan dari suporter untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban," tutur Tisha.

Turnamen Piala AFF U-16 dimulai tanggal 29 Juli 2018 dan akan berakhir tanggal 11 Agustus mendatang. Turnamen ini diikuti 11 tim yang terbagi dalam dua grup.

Grup A bermain di Stadion Delta Sidoarjo. Selain tuan rumah Indonesia, grup ini juga bergabung Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.

Adapun penyisihan Grup B dilaksanakan di Stadion Joko Samudro, Gresik. Grup B diisi Thailand, Malaysia, Laos, Brunei Darussalam dan Singapura. Babak semifinal dan final rencananya akan dimainkan di Gelora Delta Sidoarjo. ***