PALAS-  Bupati Palas diwakili Asisten I Setdakab  GT Hamonangan Daulay  secara resmi membuka kegiatan Forum Diskusi Politik Peran Perempuan dalam partisipasi Pemilu 2019 Kabupaten Palas,Kamis(26/7/2018) Kegiatan yang dilaksanakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Palas, di aula Hotel Al Marwah.Hadir sebagai narasumber Ketua KPU Palas Amran Pulungan,Kepala Bidang Politik  Dalam Negeri Fazri Efendi Pasaribu dari  Badan  Kesbangpol Provinsi Sumut.

" Melalui kegiatan ini dapat meningkatkan  partisipasi kemampuan dan peranan perempuan dalam membangun demokrasi dan keterwakilan perempuan di Dewan Perwakilan Rakyat,"Kata GT Hamonangan Daulay membaca sambutan Bupati.

Dikatakannya, Pemilu 2019 merupakan pemilu perdana menyeretakan antara pemilihan Legislatif dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden .

Sejak pemberlakuan kebijakan strategis untuk mengupayakan kemajuan kesetaraan ,kata Asisten I ,memberi  kesempatan bagi kelompok kaum perempuan bisa mengangkat keterwakilan perempuan di Legislatif minimal 30 persen,ucapnya. 

Kata GT Hamonangan, keterwakilan perempuan di lembaga Legislatif tidak hanya penting dari aspek perimbangan antara laki-laki dan perempuan,karena kehadiran anggota parlemen perempuan diharapkan bisa menjamin kepentinngan kaum perempuan menjadi prioritas kebijakan terkaiat isu pengentasan kemiskinan,pemerataan pendidikan dan layanan kesehatan.

Sementara Kakan Kesbangpol Gojali.SE didampingi Kasi Orpol Irmansyah Nasution memaparkan,diskusi ini dalam rangka meningkatkan peranan dan keterwakilan perempuan dalam politik dan pembangunan dengan sasaran meningkatkan kualitas hidup dan peran perempuan diberbagai bidang pembangunan .