LABUHANBATU-Tangis haru warnai keberangkatan jama'ah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 6 Kabupaten Labuhanbatu tahun 2018 yang berlangsung di Aula Asrama Haji Rantauprapat, kamis (26/7). Jama'ah calon haji rencananya akan diberangkatkan menuju Madina pada tanggal 28 Juli 2018 pukul 00.20 WIB dan diperkirakan tiba pada pukul 04.15 WIB.

Plt. Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi melalui Sekretaris Daerah Ahmad Muflih SH,MH dalam sambutanya mengatakan, ibadah haji merupakan rukun islam yang ke lima, bagi kaum muslim yang mampu dan merupakan ibadah yang cukup berat serta membutuhkan kondisi fisik yang kuat dan sehat.

"saya yakin bahwa saudara sekalian jema'ah calon haji dalam melaksanakan ibadah haji tidak di dorong oleh hal-hal yang lain, melainkan hanya karena Allah SWT, untuk mendapatkan ridho dan ampunan dari Allah SWT, kiranya saudara berkenan berdoa untuk kemakmuran, kesejahteraan dan kedamaian masyarakat Kabupaten Labuhanbatu yang kita cintai ini," sebut Sekda.

Lebih dalam Sekda mengingatkan, kepada para calon jama'ah haji agar menjaga kesehatan, karena suhu udara di tanah suci sangat berbeda dengan tanah air, dan berkoordinasi dengan para medis yang bertugas, apabila ada sesuatu hal yang mengganggu kesehatan, serta pelihara kekompakan sesama jama'ah, jagalah nama baik bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Labuhanbatu.

Selanjutnya H. Irham Hasibuan SPdi mewakili Kepala Kantor Kementrian Agama menjelaskan, jema'ah calon haji yang bergabung dalam kloter 6 sebanyak 101 orang, dengan rincian laki-laki 45 orang dan perempuan 56 orang, jemaah haji yang gagal berangkat sebanyak 2 orang karena permintaan sendiri.

"jemaah calon haji dari Kabupaten Labuhanbatu seluruhnya berjumlah 483 orang, yang tergabung dalam dua kloter, yaitu kloter 5 yang kemarin telah diberangkatkan dan kloter 6 yang hari ini akan sama-sama kita berangkatkan, jemaah haji kloter 6 ini akan bergabung dengan jama'ah dari Kabupaten Sedang Berdagai, Kabupaten Langkat, dan Kabupaten Karo," jelas Irham.