PALAS- Uji  Plot percobaan pengaruh pembetian solid kelapa sawit terhadap pertumbuhan tanaman padi sawah tahun 2018 yang dilaksanakan siswa SMK jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Holtikultura(ATPH)  Pondok Pesantren Ja'Fariyah  Desa Hutaibus,Kecamatan Lubuk Barumun ,Kabupaten Padang Lawas (Palas) bekerjasama dengan PT. Victorindo Alam Lestari (VAL) Hutalombang yang difasilitasi Dinas Pertanian Palas,menuai hasil panen cukup baik . Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap(TSO)diwakili Asisten II Jakaria Harahap,Kamis(26/7/2018) membuka kegiatan panen padi menggunakan pupuk solid mengatakan,dalam rangka kegiatan percepatan, peningkatan, optimalisasi pembangunan pada pertanian, kita dituntut untuk dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan sumberdaya yang kita miliki. Sejalan dengan apa yang menjadi visi, misi Bupati, yakni Padang Lawas Bercahaya 

Dikatakan, pembangunan disektor pertanian, yang bertujuan untuk meningkatjan produksi dan produktivitas hasil pertanian, sehingga mampu mengangkat dan meningkatkan kesejahteraan masyarkat, khususnya petani, tidak bisa terlepas dari kerja sama antara Pemkab Palas dan seluruh lapisan masyarakat se Palas.

"Pembangunan pertanian merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari skala prioritas nasional. Hal ini mutlak harus dilakukan dalam upaya peningkatan hasil produksi, sekaligus meningkatkan pendapatan maupun penghasilan yang pada akhirnya akan meningkat kesejahteraan kehidupan  dan perekonomian daerah,"ungkap Bupati.

Menurutnya, acara panen perdana ini merupakan bukti nyata dari dukungan pemerintah kepada masyarakat, khususnya para petani dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas, yang juga merupakan nawacita dari pembangunan nasional dalam hal swasembada pangan, sesuai dengan UU Nomor 41 tahun 2009 tentang tanam pangan berkelanjutan.

Secara khusus Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap  bangga kepada yayasan Ja'fariyah Lubuk Soripada, Lubuk Barumun terutama kepada siswa SMK Islam Terpadu Ja'fariyah yang telah memberikan kontribusi nyatanya terhadap pembangunan Pemkab Palas. 

Kadis Pertanian Palas Ir Abdullah Nasution di lokasi lahan percobaan dinas pertanian  mengatakan, plot percobaan juga ditujukan untuk mengetahui takaran atau dosis yang tepat penambahan pupuk urea, bila solid kelapa sawit  dijadikan pupuk dasar padi sawah dengan plot plot yang sudah ditentukan ternyata cukup baik hasilnya.

" Dalam 1 hektar lahan persawahan,setelah dilakukan panen raya pada hari ini ,menunjukan hasil yang cukup memuaskan dengan hasil 6.4 ton perhektar,"terangnya .

Rolan Arifin Staff KDP didampingi Humas PT VAL  Anwar Saleh Harahap dan staffnya Paujul Rambe,dilokasi kegiatan panen uji coba plot solid,Kamis (26/7/2018 ) mengatakan, selain penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan tersebut sangat respon terhadap kegiatan pelajar  yang  mampu meningkatkan kemajuan pendidikan dan daerah,khususnya pengemabangan pertanian 

Kata Anwar, untuk ke depannya, pihak perusahaan akan terus memberikan dukungan terhadap kemajuan sektor pendidikan di Palas dalam menghasilkan tenaga berkualitas dan ptofesional khusus dalam bidang pengembangan ilmu pertanian.

Mewakili perusahaan, Humas PT VAL.Hutalombang  ,memberikan apresiasi terhadap Ponpes Ja’Fariah yang melakukan plot uji pupuk solit kelapa sawit terhadap pertumbuhan padi sawah

Pimpinan Pondok Pesantren Ja’Fariyah yang juga Kepala Sekolah SMK Pertanian H Fauzan Hamidy Hasibuan mengatakan,  sebanyak 107  siswa  Jurusan  Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) Kelas 10 dan 11  dilibatkan dalam percobaan uji coba pupuk.