JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan bertemu Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas). Pertemuan itu akan dilaksanakan di Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/7). Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan pertemuan itu adalah bentuk koordinasi dari beberapa partai yang pernah ingin bersinergi dengan Demokrat untuk membangun koalisi Pilpres 2019. Selain itu, pertemuan SBY dengan Zulkifli Hasan juga sebagai bentuk tindak lanjut dari pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Bahwa akan juga melakukan koordinasi terhadap partai-partai yang pernah juga mempunyai inisiatif untuk membentuk suatu koalisi dan lain sebagainya. Sehingga ini adalah merupakan tindak lanjut daripada pertemuan tadi malam tersebut," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/7).

Agus ini juga enggan berspekulasi banyak mengenai subtansi pembicaraan di pertemuan dua petinggi partai itu. Dia meminta semua pihak untuk menunggu hingga pertemuan benar-benar telah berlangsung.

"Tentunya kita tidak bisa menebak-nebak kita lihat saja nanti," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat SBY telah bertemu Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Selasa (24/7/2018). Selanjutnya, SBY direncanakan akan menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Sama seperti Prabowo, pertemuan antara SBY dan politikus yang akrab disapa Zulhas itu juga akan digelar di kediaman SBY kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/7)

"Besok (Rabu) rencana ada pertemuan dengan Pak Zulhas di sini juga (rumah SBY), jamnya saya belum tahu, sedang dikoordinasikan. Kemungkinan besar di jam-jam seperti ini (saat pertemuan SBY-Prabowo)," ujar Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Demokrat, Ferdinand Hutahaean di Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (24/7).***