MEDAN-Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Drs Hajriyanto Y Thohari MA menyampaikan, bahwa pentingnya ambil bagian dari penyelenggaraan Negara. Penegasan tersebut disampaikan Hajriyanto ketika didaulat menjadi penceramah dalam acara Silaturahim Syawal yang diselenggarakan oleh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bersama Muhammadiyah Sumut di Gedung Pascasarjana UMSU, Jalan Denai Medan, Minggu, (8/7/2018).

“Sebagai organisasi yang ikut mendirikan republik ini, Muhammadiyah mempunyai tanggungjawab untuk memastikan negara ini diurus secara lurus dan benar,” tegas Hajriyanto seperti dihimpun GoSumut.

Untuk itu, ia menjelaskan, berbagai cara harus dilakukan para kader dalam mengambil peran penting tersebut.

“Caranya, kader-kader Muhammadiyah harus berupaya ambil peran dalam penyelenggara negara, baik itu di legislatif, eksekutif, yudikatif dan lembaga-lembaga negara lainnya,” jelasnya.

Karena itu, kata Hajriyanto, sudah saatnya mulai sekarang benih-benih kepemimpinan itu ditanamkan dan dikembangbiakkan dalam rahim keluarga Muhammadiyah.

Sementara itu, Rektor UMSU, Dr Agussani MAP dalam sambutannya mengatakan bahwa silaturrahim syawal yang telah diagendakan secara rutin tiap tahunnya bertujuan untuk merawat dan mempererat jalinan silaturrahim warga Muhammadiyah Sumut.

“Ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya. Taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Rektor.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di UMSU ini juga menyampaikan perkembangan kampus milik persyarikatan yang terus mengalami kemajuan, dengan memiliki delapan Program Studi (Prodi) Akreditasi A.

“Alhamdulillah, capaian prestasi ini merupakan buah dari kerjakeras bersama yang wajib kita syukuri dan perlu kita tingkatkan lagi. Dan, mudah-mudahan dalam waktu yang tak lama lagi kita akan berjuang untuk mencapai Akreditasi Institusi dengan peringkat A,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut (PWM-SU), Prof Dr Hasyimsyah Nasution MA dalam sambutannya mengingatkan semua pimpinan dan anggota Muhammadiyah agar senantiasa menjaga kekompakan dan merawat silaturrahim agar roda organisasi bisa berjalan dengan dinamis dalam semangat kemajuan.

Tidak ketinggalan, Gubernur Sumut terpilih, Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeksah, hadir di antara ratusan warga Muhammadiyah, mengucapkan ribuan rasa terimakasihnya kepada seluruh keluarga besar Muhammadiyah Sumut yang telah memberikan dukungan kepada Eramas, sehingga bisa memenangkan pertarungan pada Pilgubsu 2018 beberapa waktu lalu.

“Saya akui, dari awal Muhammadiyah dan Aisyiyah adalah ormas Islam yang sangat besar kontribusinya dalam pemenangan Eramas,” ujarnya.

Karena itu, Edy berharap nantinya Muhammadiyah bisa bekerjasama dengan Pemprovsu untuk merealisasikan semua program yang mereka tawarkan waktu kampanye Pilgubsu lalu.

“Bukan cuma itu, kami juga minta Muhammadiyah aktif memberikan masukan, kritik dan peringatan kepada kami, agar nanti dalam menjalankan amanah kami bisa terarah dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” pintanya.