JAKARTA-Purnawirawan Kopassus mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo Subianto sebagai capres 2019. Korps Baret Merah itu menegaskan, Kopassus tak terkait dengan acara tersebut.

"Purnawiranan sudah keluar dari kita, sudah tidak ada hubungan dengan Kopassus," ucap Kapen Kopassus Letkol Inf Rudi Firmansyah saat dihubungi, Sabtu (7/7/2018).

Dia menegaskan, prajurit Kopassus netral dalam urusan politik. Rudi memastikan, deklarasi purnawirawan tersebut tak ada hubungannya dengan Korps pasukan khusus TNI AD itu.

"Kami semua netral, satu pimpinan tertinggi kami Panglima TNI dan presiden, jadi nggak ada hubungan dengan kami," tegasnya.

Menanggapi dukungan purnawirawan Kopassus untuk Prabowo, Rudi menyebut itu adalah ranah pribadi. Purnawirawan bukan lagi prajurit dan sudah berstatus sipil.

"Itu pure pribadi masing-masing. Kalau kita diam. Kita tegak terus ke pemerintah," kata Rudi.
Seperti diketahui, sekelompok orang yang mengatasnamakan purnawirawan Kopassus se-Indonesia menyatakan dukungannya kepada Prabowo untuk Pilpres 2019. Deklarasi yang dihadiri langsung oleh Ketum Demokrat itu digelar di GOR Ciracas, Jakarta Timur, hari ini.

Prabowo sendiri pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus saat masih aktif menjadi prajurit TNI. Pangkat terakhirnya adalah letnan jenderal dan juga merupakan eks Pangkostrad.