JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meminta Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) untuk mengevalusi rangkaian kegiatan uji coba Asian Para Games 2018 demi sukses pada game times nanti.

"Beberapa hal harus diperbaiki seperti jalan untuk pengguna kursi roda dan  transportasi bagi para difabel. Saya sudah minta Ketua INAPGOC untuk mengevaluasi dan memperbaiki selesai test event" kata Puan saat menutup test event Asian Para Games 2018, di Perkampungan Atlet Kemayoran, Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Menurut Puan, evaluasi punya tujuan agar penyelenggaraan saat games time  Asian Para Games 2018 pada 6-13 Oktober mendatang,  tidak ada lagi kendala terkait arena pertandingan maupun penyelenggaraan.

"Saya sudah mengunjungi kejuaraan uji coba para atletik, bola basket kursi roda, dan para renang. Kami optimistis semua berjalan lancar," terang Puan.

Sementara Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari mengatakan penyelenggaraan uji coba Asian Para Games  menjadi ajang untuk mengevaluasi kekurangan serta meningkatkan sistem yang sudah bagus , selain juga  mengenal perjuangan tanpa kenal menyerah atlet-atlet difabel.

"Kami akan mengagendakan rapat lintas kementerian yang akan dipimpin Menko PMK. Rapat lintas kementerian itu akan mempercepat koordinasi dan menerapkan semua keputusan," kata Okto.

Okto yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) itu mengaku akan mengevaluasi seluruh penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Para Games demi penyempurnaan pertandingan utama pada Oktober.

"Salah satu fokus kami adalah perkampungan atlet, bidang transportasi sejak kedatangan hingga pulang kembali negara masing-masing.Kami ingin memastikan terminal di bandara mampu menampung 1.500 pengguna kursi roda selain bus-bus yang dapat menampung difabel," pungkasnya.***