LABUHANBATU - Selaku Kepala Daerah Kabupaten Labuhanbatu, H.Pangonal Harahap selalu cepat tangga dalam merespon keluhan maupun kondisi warganya yang terpublikasi, baik di media cetak, media online maupun di media sosial seperti Facebook, Instagram, ataupun WhatsApp. Sebagaimana keluhan Ramlan Panjaitan salah satu warga Dusun Abadi, Desa Tanjung Sarang Elang Kecamatan Panai Hulu, dimana anak bungsunya, Khairul Ahmad Panjaitan (13) mengalami sebuah penyakit mata (bola mata menonjol keluar) dan keluarga kecil itu menempati sebuah rumah tempat tinggal yang kurang layak.

Ketika keluhan keluarga Ramlan Panjaitan itu diketahui Bupati Labuhanbatu dari laporan Camat Panai Hulu, Turing Ritonga melalui Grup WhatsApp Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Labuhanbatu.

"Saat itu Bupati langsung memerintahkan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Labuhanbatu untuk membantu dan melihat langsung secara langsung keadaan Khairul Ahmad dan Sekaligus keadaan tempat tinggal keluarga Khairul Ahmad dan berkoordinasi kepada Bapak Sekda Labuhanbatu, Bapak Asisten terkait dan Camat Panai Hulu beserta OPD terkait, sehingga keadaan keluarga itu dapat terbantu dan memiliki rumah hunian yang layak," Melalui Kabag Protokoler Pemkab Labuhanbatu, Supardi Sitohang.

Sesuai petunjuk Bupati itu, lanjut Supardi, dengan cepat ditindaklanjuti Kadis Perkim Labuhanbatu bersama Camat Panai Hulu dan melakukan koordinasi kepada Bapak Sekdakab Labuhanbatu selaku koordinator OPD, didampingi para Asisten Setdakab Labuhanbatu.

Tim langsung turun ke rumah kediaman Khairul Ahmad yang diwakili Kadis Perkim dan Camat Panai Hulu. Tim sekaligus bersilaturahmi dengan kedua orangtua Ahmad beserta kedua kakak perempuan Khairul Ahmad di Dusun Abadi, Desa Tanjung Sarang Elang, Kecamatan Panai Hulu.

"Hasil kunjungan dan analisa tim OPD sesuai fakta dilapangan, Khairul Ahmad memang benar sedang mengalami sakit mata dan sedang menjalani perobatan yang dibantu oleh berbagai komponen masyarakat dan juga telah difasilitasi RSUD Rantauprapat. Kemudian, terkait rumah tempat tinggal Keluarga Khairul Ahmad, menurut Kadis Perumahan dan Permukiman Labuhanbatu bahwa kondisi rumah tempat tinggal Khairul Ahmad dan keluarganya sangat layak untuk mendapatkan program bedah rumah dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu," ungkapnya.

Atas fakta lapangan tersebut, Bapak Bupati Labuhanbatu perintahkan agar rumah tempat tinggal, Khairul Ahmad mendapatkan program bedah rumah melalui APBD Kabupaten Labuhanbatu TA. 2018 dan proses pembangunannya segera dikerjakan sesuai ketentuan dan peraturan yang ada.

Sementara terkait dengan kesehatan Khairul Ahmad yang begitu banyak mendapat respon dan bantuan dari berbagai komponen dan komunitas masyarakat Labuhanbatu, Pemkab Labuhanbatu memberikan apresiasi yang tertinggi kepada komponen masyarakat yang telah perduli dan semata-mata didorong oleh rasa kekeluargaan dan rasa persaudaraan yang tinggi, Pemkab Labuhanbatu memberikan kesempatan partisipasi aktif masyarakat untuk mengembangkan rasa solidaritas dan rasa kemanusiaan yang tinggi itu.

"Bapak Bupati Labuhanbatu menilai, respon elemen masyarakat Labuhanbatu atas PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) seperti yang dialami Keluarga Ramlan Panjaitan ini adalah merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Ya, peran serta komponen dan elemen masyarakat itu sangat kita harapkan dan kita apresiasi karena membangun Labuhanbatu ini dari semua sisi kehidupan sangat membutuhkan peran serta masyarakat, dan untuk itu saya ucapkan terimakasih," bilangnya.

"Namun demikian, bukan berarti Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu lepas tanggung jawab. Kita tetap memantau perkembangan kesehatan si anak dan sekaligus memperhatikan kualitas hidup keluarga yang bersangkutan. OPD terkait sesuai bidang masing-masing sudah bersinergi untuk mengatasi hal ini sebaik mungkin dan akhirnya mari secara bersama-sama kita membangun Labuhanbatu yang kita cintai ini. Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sangat menghargai dan menghormati peran aktif masyarakat dalam menyikapi sesuatu hal di Daerah ini. Sekali lagi, atas nama Pemkab Labuhanbatu, mengucapkan terimakasih dan apresiasi tertinggi kepada seluruh komponen masyarakat dan seluruh media yang sudah berbuat untuk keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan Ananda Khairul Ahmad dan keluarganya," ungkap Supardi.