LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap didampingi Asisten Adm Umum H Amru, Kadis Kominfo Labuhanbatu H Muhammad Ihsan Harahap, dan Pimpinan PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat, Kamis (28/6/2018) pagi melepas keberangkatan peserta manasik haji akbar PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat menuju Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan.

Sebelum melepas keberangkatan peserta manasik haji akbar itu, Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap mengucapkan selamat kepada calon duyufur rahman yang senantiasa bersyukur serta beruntung. Sebab, jemaah yang berangkat telah difasilitasi Kantor Cabang PT. Bank Sumut.

“Bapak/ibu ini diberangkatkan dari Cabang Rantauprapat, ini semua difasilitasi, sampai di sana saya yakin pasti diinapkan di hotel, mungkin lalu pulang nanti pasti disangoi, karena kebiasaan yang saya dengar dari Bank Sumut ini ada juga diberikan uang rialnya,” kata Bupati yang juga Ketua IPHI Labuhanbatu ini.

Dengan menabung dan menjadi peserta jemaah haji, ini sudah menguntungkan bagi Bank Sumut milik Sumatera Utara, sahamnya punya masyarakat Sumatera Utara dan saham Bupati Labuhanbatu.

"Kita punya saham di sini, ketika bapak/ibu punya tabungan di Bank Sumut ini sangat membantu pembangunan daerah kita Labuhanbatu dan setiap tahun Bank Sumut ini memberikan kompensasi yang sangat besar untuk Labuhanbatu, bisa entah berapa kilometer jalan yang bisa dibangun Bank Sumut ini," ungkapnya.

Bank Sumut tidak mengharapkan keuntungan pribadi saja, tetapi secara universal. Artinya secara umum untuk Sumatera Utara, kebetulan yang mengelolanya mereka, kalau sahamnya ini adalah murni saham masyarakat Sumatera Utara. Bahkan, etiap tahun Bank Sumut menyumbangkan pembuatan jalan dan pembangunan lainnya di Labuhanbatu ini.

"Selaku Kepala daerah, saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Labuhanbatu dan kepada bapak/ibu yang telah berangkat haji lewat PT Bank Sumut Cabang Rantauprapat," kata Pangonal Harahap.

Pimpinan PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat, Sujendi dalam kesempatan itu mengungkapkan, kegiatan ini adalah rutinitas yang dilakukan Bank Sumut. Mungkin inilah satu-satunya Bank di Indonesia yang melakukan kegiatan seperti ini yang telah dilakukan sejak tahun 2006 dan Alhamdulillah dari tahun ke tahun yang berangkat melalui Bank Sumut semakin bertambah.

"Untuk tahun ini secara keseluruhan di Sumatera Utara yang berangkat melalui tabungan haji makbul itu 1.991 dan yang manasik ini dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama yaitu dilakukan tanggal 29 dan 30 Juni 2018, gelombang kedua akan dilakukan pada tanggal 3 dan 4 Juli 2018, ini adalah satu-satunya Bank di Indonesia yang melakukan kegiatan seperti ini," jelas Sujendi.

Di sisi lain, Sujendi juga menjelaskan, peserta manasik haji akbar PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat yang diberangkatkan untuk mengikuti manasik haji secara gratis dari PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat awalnya sebanyak 86 orang, karena sesuatu dan lain hal maka ada 4 orang yang berhalangan. Jadi yang mengikutinya adalah sebanyak 82 orang yang diberangkatkan dengan kenderaan bus sebanyak 2 unit dari Kantor PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat.

Peserta manasik haji ini dari berangkat sampai dengan kepulangannya kembali ke Rantauprapat diberikan secara gratis oleh PT. Bank Sumut dan saat manasik di Asrama haji Medan nantinya kepada peserta akan diberikan souvenir berupa tas, kain ihrom, handuk, payung, mukena dan baju batik.

"Serta uang 100 rial atau berkisar Rp.350.000 yang langsung dimasukkan ke tabungan para peserta manasik atau calon jemaah haji yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah pada tahun haji 1439 H atau tahun 2018 ini," terang Sujendi.

Acara yang cukup sederhana dan penuh kekeluargaan itu dihiasi dengan mendengarkan ceramah/tausyiah dari al ustadz H. Ahmad Azhar Siregar, S.Pd yang dilanjutkan dengan bersalam-salaman.