MEDAN - Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara No. 1, Edy Rahmayad-Musa Rajekshah (Eramas) unggul terhadap pesaingnya, Djaror Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) dalam hasil perhitungan suara Pilgubsu 2018 yang berlangsung di TPS 333 atau Lapas Klas IA Tanjung Gusta Medan, Rabu (27/6/2018) siang. Dari Hasil perolehan suara untuk pasangan Eramas meraih 125 suara sedangkan Djoss yang merupakan Cagubsu-Cawagubsu nomor urut 2 meraih 52 suara. "Sedangkan surat suara tidak sah sebanyak 3 suara dan tidak memilih sebanyak 31 orang dari total DPT 211," ujar salah petugas PPS di sana.

Proses pemilihan berlangsung dari jam 07.00 Wib hingga 13.00 Wib. Pada awalnya, para wargabinaan terlihat antusias, akan tetapi setelah nama mereka tidak terdaftar dan juga tidak memiliki e-KTP atau tidak memegang A5, akhirnya mereka meninggalkan lokasi tempat pemilihan berlangsung.

Sementara itu di Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan total DPT sebanyak 321. Namun, tidak ada TPS khusus di rutan melainkan menumpang TPS dengan PPS kecamatan.

"Kita tidak ada TPS di rutan. Jadi TPS nya dari TPS 14,15,16,17 dari Medan Helvetia. Mereka yang datang kemari," kata Kasub Seksi Administrasi Rutan Klas IA Medan, Jaka Manurung.

Ditambahkannya, akibat tidak adanya TPS tersebut, pihaknya belum bisa mengumumkan pasangan calon Pilgubsu 2018, dikarenakan penghitungan surat suara bukan dilakukan di rutan.

"Kita gak tahu siapa yang menang. Karena bukan di sini menghitungnya. Usai mencoblos, kotak suara kembali dibawa petugas ke TPS masing-masing. Mereka nanti yang menghitung," tambah Jaka.

Menurut Jaka, jumlah DPT di rutan tergolong sedikit bila dibandingkan DPS yang mereka ajukan sebelumnya yang mencapai 2.000-an.

"Kita ajukan 2.370 hanya 321 orang saja yang bisa memilih. Ini kendalanya di regulasi KPU yang mewajibkan semua harus memilki e-KTP. Jadi, warga binaan di sini kebanyakan memang tidak punya KTP," ujar Jaka.

Jaka melanjutkan, ada 58 petugas di rutan yang turut serta dalam pelaksanaan Pilgubsu 2018. Waktu pencoblosan dimulai jam 11.00 wib hingga 13.00.