MEDAN - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I kembali menyediakan pos pemeriksaan kesehatan tambahan untuk awak mobil tangki (AMT) di Sumatera Utara. Pos pemeriksaan didirikan guna memastikan para sopir dalam kondisi yang fit sebelum mengantakan BBM hingga sampai ke tangan masyarakat. Agenda pemeriksaan kesehatan rutin dilakukan di lokasi fasilitas Terminal BBM Medan Group. Akan tetapi, mengingat situasi yang khas dikarenakan arus mudik dan lebaran, Pertamina MOR I menambahkan pos pemeriksaan kesehatan di beberapa lokasi, yakni di SPBU 14.203.139, Jl. Lintas Medan Tebing Tinggi, SPBU 14.203.174, Desa Sibolangit - Deli Serdang, dan SPBU 14.221.286, Kaban Jahe - Tanah Karo.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, Rudi Ariffianto mengungkapkan kegiatan pemeriksaan kesehatan merupakan agenda rutin Pertamina MOR I untuk menunjang kesehatan dan keselamatan para AMT.

“Diharapkan melaui kegiatan ini dapat menunjang kesehatan para AMT, sehingga keamanan pasokan produk ke masyarakat dapat lebih terjamin”, ungkap Rudi, Jumat (22/6/2018).

Di pos pemeriksaan ini, para sopir mendapatkan berbagai fasilitas pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tekanan darah, pemeriksaan uji ketajaman pengelihatan, dan pemeriksaan tanda dasar, seperti detak jantung. Pada kesempatan tersebut para sopir juga mendapatkan vitamin serta konsumsi yang sehat.

Pemeriksaan kesehatan tambahan terhadap para AMT ini dilaksanakan mengingat jalur pendistribusian yang dilalui menjadi lebih padat dan memakan waktu yang lebih lama karena juga dilalui para pemudik. Layanan kesehatan ini merupakan salah satu fokus Pertamina, karena kesehatan dan keselamatan para sopir merupakan salah satu kunci keamanan distribusi pasokan BBM.

Kendati dikhususkan bagi AMT, kegiatan ini juga terbuka bagi masyarakat umum yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatannya. Sejumlah warga hingga pemudik datang ke posko pemeriksaan kesehatan Pertamina MOR I untuk memeriksakan kesehatannya.

"Update terakhir 5.000 liter Pertalite telah tiba di Tigaras tadi malam untuk dukung operasi pencarian dan evakuasi korban KM sinar bangun di Danau Toba," tutup Rudi.