MEDAN - Korps Marinir TNI Angkatan Laut dari Yonmarhanlan I Belawan menurunkan 24 personel untuk bergabung dengan Tim SAR Gabungan dalam pencarian korban kapal tenggelam di perairan Danau Toba.

Kadispen Kormar Letkol Mar Ali Sumbogo mengatakan24 personel terdiri dari 9 personel Yonmarhanlan I Belawan, 8 personel Denma Lantamal I Belawan, 5 personel Rumkit TNI AL Belawan, dan 2 personel Pomal Lantamal I Belawan.

"Personel dipimpin Lettu Mar Lontung Rumapea. Mereka dilengkapi 1 unit mobil ambulance, 6 set alat selam dan 19 swimfest," kata Letkol Mar Ali Sumbogo.

Letkol Mar Ali Sumbogo menjelaskan, selain dari Belawan, Korps Marinir juga mengirim penyelam handal lengkap dengan alat selam berjumlah 10 orang dari Yontaifib 2 Mar Pasmar 1.

“Mereka bertolak dari Halim Perdana Kusuma pada hari ini. Tim penyelam ini dipimpin Lettu Mar Kukuh Hadi W. Mari kita doakan semoga korban-korban dapat diselamatkan," jelasnya.

Sampai saat tim gabungan menemukan dan mengevakuasi 19 orang penumpang di KM Sinar Bangun. Dari 19 penumpang, 18 orang dinyatakan selamat, satu penumpang meninggal dunia bernama Tri Suci Ulandari (24) asal Aceh Tamiang.***