SIDIMPUAN - Dalam rangka pengamanan arus mudik lebaran tahun ini, Polres Padangsidimpuan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2018, bertempat di Stadion HM Nurdin Nasution Jalan Melati, Kelurahan Ujung Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan.

Operasi kali ini mengusung Motto “Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1439 H”. Dalam apel ini, Pj Walikota Padangsidimpuan Sarmadan Hasibuan bertindak sebagai Inspektur upacara, dan peserta upacara melibatkan gabungan dari Sub Den Pom 1 Pleton, Kodim 0212/TS 1 Pleton, Yonif 123 /RW 1 Pleton, Sat Sabhara 1 Pleton, Sat Lantas 1 Pleton, Polsek/Binmas 1 Pleton, Intel/ Reskrim/Narkoba 1 Pleton,Dishub 1 Pleton, Sat Pol PP 1 Pleton, BNPB 1 Pleton, Pramuka 1 Pleton.

Pj Walikota Sarmadan Hasibuan yang menyampaikan pidato tertulis Kapolri mengatakan bahwa, operasi ketupat yag digelar berlangsung selama 18 hari, dimulai 6-24 Juni 2018.

“Operasi Ketupat 2018 ini berlangsung selama 18 hari dengan melibatkan semua unsur personel pengamanan gabungan yang terdiri dari TNI/Polri dan pemerintah," kata sarmadan.

Sementara, dalam arahan Kapolri tersebut menekankan, ada empat potensi kerawanan yang harus diwaspadai selama Operasi Ketupat 2018, yakni stabilitas harga, ketersedian bahan pangan, kelancaran dan keselamatan arus mudik dan balik Lebaran 2018. Selain itu, potensi bencana alam dan tindakan kriminal lainnya serta ancaman tindak pidana terorisme juga harus jadi perhatian.

Menurutnya, distribusi pangan masih sedikit bermasalah. Sementara ancaman teror harus dilakukan upaya pencegahan di daerah vital dan pengamanan tempat ibadah serta tempat keramaian harus menjadi perhatian.

“Lakukan koordinasi yang baik dengan semua pihak, serta tetap lakukan pengamanan sesuai standar dan diback up dengan personil bersenjata,” tuturnya.

Usai membacakan amanat Kapolri, Pj Wali Kota Padangsidimpuan selanjutnya melakukan pemeriksaan pasukan dan kendaraan didampingi oleh Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya.

Pantauan wartawan, turut hadir dalam apel tersebut Kapolres Kota padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, Sekda Kota Padangsidimpuan H Zulpeddi Simamora, Kalapas Kota Padangsidimpuan Porman Siregar, Kakan Sat Pol PP Kota Padangsidimpuan Arbiuddin Harahap. Sekira pukul 09.30 WIB, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2018 selesai dilaksanakan, dan kegiatan tersebut berlangsung aman dan kondusif. ***