SIANTAR - Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Pematang Siantar tanpa pengibaran bendera di rumah-rumah warga, Jumat (1/6/2018).

Di pusat kota, seperti Jalan Diponegoro, Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka, tidak terlihat terpasang atau berkibar bendera Merah-Putih di depan rumah atau rumah tokoh.

Sejumlah warga di ketiga jalan tersebut yang ditemui mengaku tidak mengibarkan bendera karena tidak ada imbaun dari pihak kelurahan.

“Biasanya memang bila hari besar nasional, seperti peringatan Hari Kemerdekaan RI ada imbauan dari pihak kelurahan untuk mengibarkan bendera Merah Putih. Namun untuk peringatan hari lahir Pancasila tidak ada, karena itu warga tidak mengibarkan bendera,” sebut Halim (45), warga Jalan Merdeka.

Hal yang sama disampaikan Murniati (52),warga Jalan Sutomo . Ia mengaku tidak mengibarkan bendera karena tidak ada pemberitahuan dari pihak kelurahan.

“Kalau ada pemberitahuan pasti saya mengibarkan bendera di depan rumah. Tapi karena tidak ada disampaikan pihak kelurahan saya tidak melakukannya,” sebut Murniati.

Kabag Humas Pemko Pematang Siantar, Hamam Sholeh mengakui jika pemerintah kota tidak ada menyampaikan pemberitahuan pengibaran bendera kepada masyarakat pada peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Informasi yang saya dapat memang hari ini (hari lahir Pancasila (1/6) tidak ada imbauan kepada masyarakat untuk pengibaran bendera,” sebut Sholeh.

Wakil ketua DPRD Kota Pematangsiantar, Timbul M Lingga menyesalkan sikap Pemko Pematang Siantar yang terkesan tidak menghargai peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tidak mengimbau masyarakat mengibarkan bendera. ***