MEDAN - Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr H.Dadang Hartanto menegaskan peran tokoh agama penting dalam mencegah terjadinya konflik berdimensi suku, agama, ras dan antaragolongan (SARA). Penegasan tersebut disampaikan Kombes Pol Dadang saat didaulat menjadi nara sumber pada dialog dengan tokoh lintas agama dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Medan di Hotel Emeral Garden, Rabu (30/5/2018).

“Peran tokoh agama sangat penting dalam mencegah terjadinya konflik antar agama,” tegas Dadang seperti dihimpun GoSumut.

Selain itu, pada agenda dialog kerukunan bertemakan ‘Mempererat Persaudaraan, Membangun Komitmen Keamanan dan Cinta NKRI yang dihadiri Wakil Walikota Medan, Dandim 0201/BS, ketua MUI kota Medan, Keuskupan Agung diwakili Pastor Alexander Silaen, Walubi, Tomtitantawitan Alumnus Akpol Tahun 1994 menjelaskan, tokoh agama menjadi tauladan dan panutan serta insipirasi dalam melaksanakan kegiatan yang baik, patuh hukum.

“Oleh sebab itu, jangan pernah jauh dari komunitasnya (tokoh agama) sehingga perannya dirasakan dan dibutuhkan oleh masyarakat dan komunitasnya,” jelas peserta terbaik Dikreg ke-26 Sespimti Tahun 2017 ini.

Pantauan pada dialog tersebut, selain Kapolrestabes Medan, ketua MUI kota Medan dan Wakil Walikota Medan yang didaulat menjadi nara sumber juga menyampaikan materi tentang kerukunan dan mengajak seluruh steakholder yang ada untuk menciptakan kondusifitas kamtibmas lewat kerukunan yang telah terjalin dengan baik selama ini di kota Medan.*