MADURA – Ledakan di Polsek Gili Sumenep memporak-porandakan isi ruangan sempat mengagetkan dan disangka bom teroris. Namun Pihak kepolisian menyatakan ledakan di kantor Polsek Gili Genting, Sumenep, Madura, Jawa Timur itu merupakan bom ikan.

Ledakan itu terjadi pada Senin (21/5) siang. "Itu bondet (yang meledak). Botol isi potasium untuk ikan. Kejadiannya siang tadi. Hanya saja, kita baru dapat informasi malam ini," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi wartawan.

Perwira tiga melati di pundak ini menegaskan, yang meledak hanya bom ikan. Tidak ada kaitannya dengan teroris seperti yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo pekan lalu.

"Murni (karena) bondet. Itu (isu teroris di Gili Ginting) hoaks," tegasnya.

Dijelaskan Barung, bondet yang meledak di pulau kecil, Giligenting (kantor polsek) itu adalah barang sitaan polisi. Belum diketahui pasti berapa jumlah yang meledak, dan apa pemicunya.

Hanya, meski berupa bom ikan, ledakannya memang cukup dahsyat. Atap gedung dan dinding beberapa ruangan hancur. "Tidak ada korban jiwa maupun yang luka akibat ledakan ini," kata dia.

Sebab, kata Barung, saat bondet-bondet itu meledak, tak ada satupun orang berada di kantor. "Lokasinya di pulau kecil di Kabupaten Sumenep," tandasnya.***