MEDAN - Peran protokol sangat penting dalam mensukseskan suatu acara dan menyukseskan pekerjaan pimpinan. Karena itu, seorang protokol dituntut untuk senantiasa mengasah kemampuan,  mengabdi dengan keikhlasan dan bekerja keras.

Hal itu disampaikan Asisten Administrasi Umum dan Aset Sekretariat Daerah Provinsi Sumut Zonny Waldi SSos MM ketika membuka Rapat Koordinasi Keprotokolan se Sumatera Utara Tahun 2018 di Hotel Hermes Jalan Pemuda Medan.

“Teman-teman protokol tidak semata-mata mengatur acara, mengatur tempat duduk, tapi lebih dari itu.

Di tangan saudara-saudara ini adalah jabatan manajer dalam satu acara. Terselenggaranya acara yang lancar, tertib, teratur, serta sukses itu ada di tangan teman-teman ini,” kata Zonny Waldi.

Karena itu, Zonny berharap, dalam rapat tersebut terjadi diskusi, saling tukar informasi dan pengalaman, antara senior dan para junior. “Karena suatu acara itu bisa sukses kalau protokolnya itu mempunyai kemampuan yang baik,” ujarnya.

Selan itu, para peserta juga diharapkan dapat menggali ilmu dan pengalaman dari para narasumber dari Kementerian Dalam Negeri. “Caranya, bertanya lah lebih banyak, sehingga dengan bertanya kita tahu pengalaman-pengalamannya. Kan tidak semua persoalan ini ada di buku,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus SE MPd menyampaikan, orang-orang protokol adalah orang-orang luar biasa. “ Tidak kenal tanggal merah, libur besar dan kecil tetap eksis mendampingi pimpinan di kantor. Hari Raya, Tahun Baru tetap kerja, walau pun bergantian,” ungkapnya.

Ilyas menyampaikan, Rapat Koordinasi Keprotokolan se Sumatera Utara Tahun 2018 yang berlangsung dua hari, 14-15 Mei 2018, diikuti oleh peserta dari seluruh 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut. “Ada beberapa kabupaten/kota yang lebih dari satu perserta, ditambah peserta dari kita, sehingga total peserta 53 orang,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ilyas juga mohon dukungan kepada Asisten Administrasi Umum dan Aset Sekretariat Daerah Provinsi Sumut Zonny Waldi SSos MM, untuk mendukung program-program humas dan keprotokolan.

“Mohon dari Bapak nanti, selaku atas langsung kami, Asistem Umum bahwa kami sangat butuh dukungan untuk program-program yang berhubungan dengan humas dan keprotokolan agar lebih kita perjuangkan, sehingga program yang sifatnya penyamaan persepsi seperti ini perlu dilakukan lagi di masa mendatang,” ujarnya.

Acara yang juga dihadiri oleh Kabag Keprotokolan Moettaqien Hasrimi SSTP MSi dan Kabag Humas Dra Indah Dwi Kumala itu menghadirkan sejumlah nara sumber dari Kemendagri dan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu yang menyajikan berbagai materi. Diantaranya, materi tentang Keprotokolan Dalam Pemerintahan Daerah, Netralitas Kegiatan Keprotokolan dalam Masa Pilkada, Persiapan Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Kabupaten/Kota, dan Komunikasi dalam Kegiatan Keprotokolan. ***