MEDAN - PT Pertamina (Persero) melalui program Program Kemitraan memberikan kemudahan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan bantuan permodalan senilai Rp200 juta. Unit Manager Communication & CSR Region I PT Pertamina (Persero) MOR I, Rudi Ariffianto mengatakan, program kemitraan ini merupakan amanah dari pemerintah di mana setiap tahunnya itu PT Pertamina memperoleh laba bersih dan sebagian laba bersih tersebut digunakan untuk Program Kementrian (PK).

“Jadi dari peraturan yabg ada di sisihkan 2% dari laba bersih yang diperoleh. Nah untuk PK ini sifatnya dana bergulir di mana nasabah atau mitra kita itu hanya dikenakan biaya administrasi 3% per tahun. Di mana biaya yang dipinjamkan itu Rp100 juta maksimal Rp200 juta dengan masa tenor 3 tahun,” katanya baru-baru ini.

Tahun ini PT Pertamina MOR 1 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) pada kwartal satu sudah melampaui target sampai Rp 2,6 Miliar dengan total binaan sampai 11 ribu mitra.

Adapun persyaratan yang diberikan relatif mudah seperti nasabah atau mitra yang ingin meminjam memiliki kekayaan bersihnya Rp500 juta dan tidak termasuk tanah dan bangunan yang dijadikan tempat usaha. Serta memiliki omset tahunan paling banya Rp2,5 Miliar dan tidak boleh besar dari itu.

“Karena kalau lebih besar dari Rp2,5 Miliar tidak masuk dalm UMKM. Sebab PK ini hanya menyasar pada UMKM yang perlu bantu dan perlu uluran tangan oleh BUMN dalam hal ini Pertamina,” terang Rudi.

Menurut Rudi selama ini kebanyakan ini usaha mitra rata-rata usaha rumah tangga. Seperti usaha konveksi, tenun ulos, dan handicraft kemudian usaha lain pengusaha peci seperti mitra Pertamina di Aceh yang sudab ekspor produk ke Malaysia.

“Keuntungan mitra yang bergabung, bila performance nya bagus dan pembayarannya lancar itu kita berikan pameran-pameran gratis. Karena kalau ikut pameran itukan dikenakan biaya kalau menjadi mitra kita semua akan gratis semua di tanggung Pertamina. Pameran yang ditawarkan bukan hanya di dalam negeri saja tapi di luar negeri juga,” bebernya.

Intinya dalam program ini Pertamina secara kongkret ingin membantu para pengusaha UMKM atau usaha rumah tangga supaya lebih maju dan berkembang.

“Sehingga bila UMKM ini sudah besar dan maju akan kita lepas dan kita mencari yang lain lagi,” tutupnya.