PALAS - Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) himbau masyarakat  memasuki bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah, agar menutup tempat hiburan dan menjaga isu SARA yang dapat memicu ketidak kondusifan di tengah masyarakat.

"Kita berharap Pemerintah dan aparat keamanan  menindak tegas penjual petasan atau sejenis mercon yang dapat menganggu kekhusukan beribadah salat tarawih di mesjid -mesjid," ujar Sahrin Siregar Ketua PDM  Muhammadiyah bersama sejumlah pimpinan lainya, Jum'at (11/5/2018) di gedung dakwah Muhammadiyah Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan.

  Selain untuk menghormati orang yang menjalani ibadah puasa, kata Sahrin, himbauan dimaksudkan bertujuan menjaga kesucian ramadhan bagi umat muslim.

Sahrin juga mengajak, masyarakat dapat berperan aktif menjaga kondisi dan kontalase berbagai hal yang tidak baik di Ramadhan.

"Mari kita jaga kesucian ramadhan dengan meningkat keimanan dan ketaqwaan dengan kegiatan memakmur mesjid dengan diisi berbagai kegiatan positip seperti tadarus, salat tarawih dan mengaji sebagai kecintaan kita menjaga bulan puasa yang penuh berkah dan nikmat," paparnya kepada umat muslim di Kabupaten Palas.

Ia menambahkan, mulai awal Ramadhan, Muhammadiyah juga akan melaksanakan kegiatan safari Ramadhan keseluruh ranting Muhammadiyah di Kabupaten Palas.

  "Kita menginginkan semua  tempat hiburan dan tempat maksiat ditutup selamanya, karena menjadi sumber keonaran ditengah masyarakat dan menganggu kesucian ramadhan," tegas menyampaikan penyataan Muhammadiyah.

  "Selama bulan suci Ramadhan segala aktivitas yang mengundang ganguan ketertiban umum, dapat dijaga secara baik oleh semua elemen masyarakat dalam menghormati orang berpuasa dan beribadah," tandasnya. ***