MEDAN - Relawan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Eramas) beserta masyarakat melakukan gerakan bersih masjid jelang Ramadhan. Bersih-bersih dilakukan karena tempat tersebut akan digunakan untuk shalat tarawih berjamaah, tadarus dan ibadah lainnya selama sebulan penuh. Salah satu masjid yang dibersihkan oleh Relawan Eramas dan masyarakat sekitar adalah Masjid Al Barokah Jl. Kapten Rahmad Buddin Gg. Mangga Link 02 Paya Pasir Kec. Medan Marelan. 

Masyarakat dan Relawan Eramas yang mayoritas anak-anak muda terlihat antusias dan bergotong-royong mengepel lantai, menyikat kamar mandi, mengilap jendela dan membersihkan mimbar. 

Tak hanya itu, berbagai sarana pendukung ibadah lainnya, seperti sound system dibenahi agar pesan-pesan dakwah yang disampaikan ustadz selama Ramadhan bisa terdengar jelas.

Salah satu Pembina Remaja Masjid Al Barokah Satria Pinem mengucapkan syukur dan terimakasih atas kehadiran masyarakat dan Relawan Eramas yang hadir untuk membersihkan masjid. 

"Dengan kehadiran mereka, membersihkan masjid menjadi lebih ringan dan menyenangkan.  Bulan Ramadan ini harus kita sambut dengan sukacita dan kebersihan masjid," imbuhnya.

Membersihkan masjid, lanjutnya, ini dilakukan untuk memberi kenyamanan kepada para jamaah yang akan melaksanakan ibadah Ramadan agar mereka bisa lebih khusyuk dan nyaman berada di masjid.

“Karpetnya dibersihkan. Kamar mandi dan lainnya. Semua ini kami lakukan untuk memberi kenyamanan kepada para jemaah agar mereka bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk,” ujar Satria lagi.

Begitu juga dengan Pengurus Masjid Al Hikmah Jl. Kapten Rahmad Budin Kel Terjun M. Fahmi Salim. Dia juga mengungkapkan terimakasih kepada masyarakat dan relawan.

"Masjid jadi lebih bersih dan nyaman saat beribadah. Insya Allah apa yang dilakukan hari ini dibalas oleh Allah," kata Salim.

Sementara Salah satu dari Relawan Eramas Alam mengatakan, masjid adalah pusat dari kegiatan ibadah dan sosialisasi yang dilakukan umat Muslim sehari-hari.

 "Kegiatan akan semakin padat saat bulan Ramadan dan jumlah jamaah yang beribadah di masjid juga meningkat. Karena itu menyiapkan masjid menjadi lebih bersih dan nyaman," imbuhnya saat memantau Masjid Al Hikmah Jl. Kapten Rahmad Budin Kel Terjun.

Adapun sejumlah Masjid dan Musholla yang mau dibersihkan, yakni Masjid Amalyatul Huda Jl. Nusa Indah Link. 26 Kelurahan Tj.Mulia Pasar 8, Masjid Al Ishlah Jl. Kapten Muslim No 54 A, Masjid Al-Ridha Jln. Alumunium 1 Link. 17 Tj. Mulia, Kec. Medan Deli, Mushollah At-Thoharoh Jl. Mangaan 1 Gg. Ali Mabar.

Kemudian, Masjid Al Hikmah Jl. Kapten Rahmad Budin Kel Terjun, Masjid Taqwa Jl. Asrama No.14B, Masjid Al Wiraji Jl Karya Gg Sosro Link 16, Masjid Jamik Al Muharrom Jl. Bandar Khalifah M. Yakub lubis, Musholla Nurul Ichwan Lor VII Proyek Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan. *