MEDAN - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) dalam rangka meninjau kesiap siagaan personel Polda di wilayah Mapolda Sumut baik di Polres maupun di Polsek. Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw yang turun langsung dalam kegiatan itu, mengatakan bahwa maksud dan tujuan dilakukannya sidak untuk melihat kesiap siagaan personil Polda Sumut yang melaksanakan tugas dan tanggungjawab saat pelaksanaan penjagaan.

"Kita lakukan sidak untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, karena adanya kerawanan yang mungkin terjadi setelah peristiwa kerusuhan di Lapas Mako Brimob Polri pada Selasa (8/5/2018) malam lalu," kata Paulus, Kamis (10/5/2018).

Paulus juga memberikan arahan kepada personil Polda Sumut untuk selalu siap siaga dan tidak lalai dalam menjalankan tugas sehari-hari dan dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena keadaan disetiap wilayah berbeda konseptualnya, adanya kelompok yang tidak puas dengan aturan negara, pemimpin dan institusi bisa membuat terjadinya tidak kesepahaman dan melakukan tindakan pemberontakan

"Kita perketat penjagaan, tambah personil untuk diperbantukan menjaga pos-pos yang dianggap rawan," katanya.

"Kepada fungsi Intel, Krimsus, Krimum, Narkoba dan Provos kita berikan tugas untuk membuat jadwal piket kepada personil yang akan melakukan penjagaan," tegas Paulus.

Lebih lanjut, dalam kegiatan ini turut bersama Kapolda yaitu Karo Ops Polda Sumut, Dir Intel Polda Sumut, Dansat Brimob Polda Sumut, Dir Sabhara Polda Sumut.

Dir Krimum Polda Sumut ,Dir Pam Obvit Polda Sumut, Kabid Propam Polda Sumut,Kabid Humas Polda Sumut, Dir Tahti Polda Sumut dan Kapolres Deli Serdang.

Adapun lokasi yang ditinjau antara lain seputaran Mapolda Sumut berlanjut ke Polres Deli Serdang kemudian Polsek Tanjung Morawa dan Mako Brimob Polda Sumut.