SAMOSIR - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI menggelar Sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih di SMA HKBP Ambarita, Desa Ambarita, Kecamatam Simanindo, Kabupaten Samosir, Selasa (8/5/2018). Hadir dalam kegiatan tersebut Istri Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Devi Panjaitan br Simatupang bersama tim dari Kemenko Maritim RI seperti, Kabid Deputi Jejaring Edi Susilo, Kabid Jejaring Inovasi Maritim, Sartin Hia serta Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Kadep Diakonia HKBP, Pdt Debora Purada Sinaga, M.Th, Praeses dan Pendeta Se-Distrik VII Samosir, Yayasan IT DEL Laguboti, dan guru serta siswa SD, SMP, SMK dan SMA sekitaran Desa Ambarita.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kemenko Maritim RI yang menggelar sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih Samosir. Menurutnya Rapidin, sosialisasi ini sangat penting kerena merupakan edukasi dini bagi para pelajar dan masyarakat akan pentingnya kebersihan.

Kadep Diakonia HKBP Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th juga menyampaikan kebersihan adalah sebagian dari iman maka sejak dini kepedulian kebersihan harus ditanamkan kepada anak-anak kita.

"Kegiatan ini juga sangat bertepatan dengan program HKBP, dimana Tahun 2018 merupakan Tahun Kesehatan dan Kebersihan Dalam Lingkungan Hidup. Kedepan, HKBP melalui Departemen Diakonia akan melakukan gerakan yang sama didaerah yang rawan sampah seperti kawasan pantai," tegas Purada.

Sementara itu, Devi Panjaitan br. Simatupang dalam arahannya menyampaikan, saat ini Indonesia menempati urutan kedua sebagai negara penghasil sampah terbesar di dunia. Hal ini merupakan prestasi yang mengkawatirkan. Oleh karena itu, dirinya menghimbau kepada seluruh peserta agar tidak lagi menggunakan lagi produk kemasan minuman dari plastik, sedotan plastik dan sebagainya, karena sampah plastik merupakan sampah yang sangat sulit terurai membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun.

Usai mendengar edukasi tentang kebersihan dari Kemenko Maritim, para peserta melakukan aksi kebersihan dengan memungut sampah di sepanjang jalan Desa Ambarita, pelabuhan Ambarita, Lumban Tapian hingga kawasan Siallagan.

Selesai dari Desa Ambarita, Kemenko Maritim yang didukung oleh Pemkab Samosir dan Departemen Diakonia HKBP melakukan kegiatan yang sama di Gereja HKBP Garoga Desa Garoga dengan mengundang para peserta dari Pendeta HKBP Se-Distrik VII Samosir dan Pengurus Gereja HKBP Se-Resort Ambarita.