PADANGSIDIMPUAN - Menjelang bulan suci Ramadhan 1439 H, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila (PP) Padangsidimpuan Selatan bersama 16 Ranting menggelar kegiatan bersih-bersih makam dan tempat ibadah.

Ketua PAC PP Padangsidimpuan Selatan, Edi Santoso Daulay melalui sekretarisnya Arnold Piliang mengatakan, membersihan makam dan tempat ibadah ini merupakan program tahunan yang telah berjalan sejak 2 tahun terakhir ini.

"Jadi, kegiatan ini merupakan yang kali kedua sejak tahun kemarin dalam menyambut bulan suci Ramadahan," jelasnya kepada media saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (6/5/2018) siang.

Untuk kegiatan kali ini, Minggu (6/5/2018), pelaksanaan digelar di tujuh wilayah Ranting yakni, Ranting pasar Siborang, Siborang Jae, Aek Tampang, Sitamiang Baru, Aek Horsik, Sidakkal, Bincar dan Ranting Bincar dari Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Terlihat puluhan anggota PAC dan Ranting baik Satgas maupun Srikandi bersama-sama melakukan pembersihan makam dan tempat ibadah, diantaranya tempat pemakaman umum (TPU) Aek Horsik.

Sementara untuk tempat ibadah, diantaranya mesjid Silaturrahmi Pasar Siborang yang berada di Kelurahan Wek V, Lingkungan II, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan dan mesjid Ahli Sunnah Wal Jamaah di wilayah Lingkungan V, Kelurahan Bincar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Dari pantauan media, di mesjid tersebut, dilakukan kegiatan pembersihan halaman, kamar mandi, tempat wudhu, bagian dalam mesjid dan pengecatan pada bagian dinding mesjid yang sudah mulai pudar.

Sementara itu, wakil ketua I PAC PP Padangsidimpuan Selatan Ali Gultom yang ikut terjun kelapangan memimpin sekaligus memantau kegiatan tersebut menambahkan, dari ke 16 Ranting yang ada di wilayah Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, untuk kali ini yang mengikuti hanya 7 Ranting. Ini dikarnakan adanya kegiatan-kegiatan lain yang dilaksanakan oleh Ranting itu.

"Hari ini yang ikut dalam kegiatan hanya 7 ranting, berhubung sebagian ranting kita memiliki jadwal kegiatan lain di wilayah mereka. Akan tetapi, kita akan jadwalkan lagi kapan mereka (Ranting yang belum melaksanakan kegiatan) untuk melaksanakan program rutin tahunan ini sebelum tibanya bulan suci Ramadhan," tuturnya saat ditemui media di areal TPU Aek Horsik.