PALAS - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas menerima sertifikat eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan RI di bidang kesehatan yang diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI, Nila F Moelek kepada Pjs Bupati Palas H. Mhd. Armand Effendy Pohan. Penyerahan sertifikat ini dilakukan pada peringatan Hari Malaria Sedunia 2018 dan peringatan Pekan Imunisasi Dunia tingkat nasional di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Kadis Kesehatan Palas Leli Ramayulis, Sabtu (5/5/2018) mengatakan, untuk Sumatera Utara hanya dua kabupaten yang memperoleh sertifikat eliminasi malaria ini yaitu Padang Lawas dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Leli didampingi Kabid P2P dr Ilham Siregar mengatakan, keberhasilan Palas mendapatkan sertifikat ini karena berhasil melaksanakan progam eliminasi untuk Indonesia bebas malaria tahun 2030 mendatang.

"Kondisi tersebut tentu merupakan upaya pemerintah bekerja sama dengan berbagai sektor, yakni melalui kerja sama pemerintah dan program-program yang bergegas merealisasikan proses eliminasi malaria," katanya.

Pada acara yang mengambil tema "Ready To Beat Malaria, Bebas Malaria Prestasi Bangsa" tersebut, sebagai apresiasi Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan kepada kabupaten/kota yang selama 5 tahun konsisten menekan dan mewujudkan daerah bebas malaria.

Menurut Leli, selama ini Kabupaten Palas rutin melakukan pendataan terhadap warga yang diduga menderita penyakit malaria dan memberikan pemahaman terhadap pemberantasan malaria. 

"Upaya tersebut tidak sia-sia karena terbukti mampu mengantisipasi menyebarnya penyakit malaria," sebutnya 

Leli menambahkan, perolehan seritifikat eliminasi malaria berdasarkan assessment dari  Kemenkes RI.

"Ini hasil kerja keras seluruh komponen masyarakat dan jajaran Dinas Kesehatan yang terus menerus memberikan pemahaman dan aksi nyata terhadap pemberantasan malaria," ungkapnya.

Tindakan upaya dilakukan, kata Leli, mulai dari pencegahan perkembangbiakan serta penanganan sejak dini malaria. *