MEDAN - Pemerintah Tiongkok mengundang Partai Golkar ke negaranya. Di negeri Tirai Bambu itu, delegasi DPP Partai Golkar bertukar pikiran dengan sejumlah stakeholder di sana. Kepada wartawan, Jumat (4/5/2018) Sekretaris DPD Golkar Sumut Irham Buana Nasution yang tergabung dalam delegasi mengatakan kunjungan tukar pikiran seperti sudah berlangsung sejak 2011.

"Dan delegasi 2018 yang dipimpin Bapak Happy Bone Zulkarnain Ketua Korbid Hankam, Hukum dan HAM, Hubungan Luar Negeri dan Diaspora, ekonomi pedesaaan Partai Golkar ini merupakan angkatan ke VII," terang Irham Buana.

Diterangkan Irham, ada 15 delegasi Partai Golkar yang berkunjung Tiongkok.

Berlangsung sejak 2-11 Mei 2018, delegasi mengunjungi dua proplvinsi di Tiongkok, yaitu Guangxi dan provinsi Fujian (Hokkian).

"Delegasi belajar secara langsung dan melakukan studi tentang penbangunan sekolah partai, pengentasan kemiskinan yang tepat sasaran dan praktelik guangxi dan sistem pemberdayaan masyarakat," terang Irham Buana.

Tentang sistem pemberdayaan masyarakat, Irham menjelaskan delegasi dan tuan rumah melakukan kunjungan langsung ke lapangan melihat basis pengembangan industri jamur dab kunjungan ke Kampung Bahagia di Kota Selatan Provinsi Guangxi.

Kunjungan ini sekaligus proses pembelajaran di dalam kelas dan juga diikuti kunjungan lapangan, melihat secara langsung cara pengentasan kemiskinan, pengembangan industri, acara kebudayaan dan kunjungan ke makam sahabat Nabi Muhammad SAW dan kunjungan ke mesjid bersejarah di Tiongkok.

"Hari ini kami bertukar pikiran tentang memininalisir ketimpangan sosial. Golkar punya konsep 4 gerakan rakyat. Yakni lapangan kerja yang mudah, sembako murah, perumahan rakyat yang terjangkau dan revolusi industri untuk rakyat. Sore nanti akan ada diskusi lain dengan tuan rumah," tukas Irham.*